Inilah Perbedaan Daging Sapi dan Kerbau!

Umumnya di Indonesia, masyarakat masih lebih memilih berbelanja daging di pasar tardisional daripada di supermarket. Meskipun harga di pasar seringkali naik turun, khususnya pada momen-momen tertentu seperti menjelang hari raya idul fitri. Namun hal tersebut tak mengurangi minat pembeli. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada beberapa oknum pedagang yang mengklaim daging sapi jualannya ada original padahal faktanya berbeda. Mereka kerap menjual daging kerbau yang memiliki harga lebih murah daripada daging sapi. Tentu saja ini membuat bingung pembeli. Karena sebagian besar konsumen tak tahu bagaimana cara membedakan daging sapi dan daging kerbau. Nah, maka dari itu, yuk simak penjelasan perbedaan daging sapi dan daging kerbau berikut ini yah!

Perbedaan Daging Sapi dan Daging Kerbau
Sumber : canva.com ( Buffalo and Cattle)

Baca juga : 5 Cara Mudah Beternak Kerbau

Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Kerbau

Untuk membedakan ke dua jenis daging ini, tentu saja kita perlu tahu apa saja perbedaan dari daging sapi dan daging kerbau. Dilansir dari Dinas Peternakan Kabupaten Lebak ada 3 unsur pembeda kedua jenis daging ini, yaitu warna, serat, serta tekstur daging.

  • Melihat Warna Daging

Cara membedakan daging sapi dan daging kerbau yang pertama adalah dengan melihat perbedaan dari segi warna. Daging sapi memiliki warna merah yang cerah namun beberapa juga ada yang berwarna cenderung merah muda seperti daging sapi bagian gandik. Berbeda halnya dengan daging kerbau yang memiliki warna merah  tua. Bahkan cenderung gelap.

Perbedaan daging sapi dan daging kerbau
Sumber : Brosur Australian Water Buffalo
  • Memperhatikan Serat

Cara berikutnya adalah dengan memperhatikan serat pada kedua jenis daging ini. Pada daging sapi, seratnya tidak terlihat dengan jelas dan nampak halus. Namun pada daging kerbau, seratnya  nampak jelas. Terlihat besar dan tak jarang juga ada yang kasar.

  • Memeriksa Tekstur

Cara terakhir untuk membedakan daging sapi dan daging kerbau adalah dengan memeriksa tekstur. Daging sapi memiliki tekstur yang empuk. Berbanding terbalik dengan daging kerbau yang bertekstur lebih alot bahkan tak jarang juga ada yang keras.

Kandungan Nutrisi

Selain bingung cara membedakan daging sapi dan daging kerbau, masyarakat juga sering mempertanyakan bagaimana kandungan nutrisi kedua jenis daging ini? Simak tabel berikut ini yah!

Perbedaan daging sapi dan daging kerbau
Sumber : data dari detik.com

Dilansir dari laman Detik bahwa kandungan nutrisi kedua jenis daging ini berbeda pada kandungan lemak dan kolesterolnya. Daging sapi memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih tinggi daripada daging kerbau. Namun untuk kandungan protein dan beberapa jenis mineralnya nyaris sama.

Begitu pula yang diberitakan oleh Healthline, bahwa kerbau di Amerika yang lebih terkenal dengan sebutan Bison memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan daging sapi. Rasanya pun tak jauh berbeda. Perbedaannya hanya terletak pada kandungan kolesterol dan lemak yang lebih rendah sehingga tampilan daging kerbau lebih lean.

Baca juga : 5 Alasan Membajak Sawah dengan Kerbau Masih Ada di Indonesia

Nah, demikianlah cara membedakan daging kerbau dan daging sapi. Meskipun secara tekstur daging kerbau lebih alot dan keras. Namun jika diolah dengan metode yang benar serta menggunakan rempah Indonesia,  rasanya pun akan tetap nikmat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top