fbpx

Melihat Fungsi Cacing Tanah untuk Kehidupan

Banyak orang yang tidak suka dengan cacing, entah karena bentuknya atau dengan tempat hidupnya. jenis cacing yang ada di dunia ini sangat banyak, jenis jenis cacing tersebut ada yang bersifat merugikan dan juga menguntungkan. Cacing tanah adalah salah satu jenis cacing yang mudah ditemui. Hal tersebut karena cacing tanah mudah ditemukan di dalam tanah.

Cacing tanah memiliki bentuk tabung  dan memanjang. Makanan dari cacing tanah berupa bahan organis hidup maupun mati. Cacing tanah banyak dijumpai pada tanah yang memiliki kadar air yang cukup. Meskipun terlihat menjijikan oleh sebagaian orang, namun cacing tanah memiliki manfaat yang cukup banyak.

Sebagai penyubur tanah untuk tanaman

Sejalan dengan Namanya, cacing tanah tumbuh di dalam tanah. Oleh karena itu cacing tanah mampu menyuburkan tanah dan baik untuk pertumbuhan tanaman. Cacing mampu menguraikan daun kering, kotoran hewan, rambut manusia, dan bahan organic lainnya yang berasa di dalam tanah menjadi kompos. Kompos ini berfungsi untuk memberikan nutrisi yang baik bagi tanah.

image via sahabatpetani.com

Selain itu, cacing juga mampu membuat lubang di dalam tanah, lubang ini akan membantu akar tanaman untuk mendapatkan air dan udara untuk keperluan pertumbuhan tanaman.

Dapat menyembuhkan beberapa penyakit

Selain bermanfaat untuk tumbuhan karena menyuburkan tanah, cacing tanah juga bisa bermanfaat bagi manusia. Ada beberapa penyakit yang bisa di obati menggunakan cacing tanah diantaranya yang paling terkenal yaitu untuk mengobati penyakit tifus.

Tifus merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan karena adanya pertumbuhan bakteri salmonella. Bakteri ini merupakan bakteri yang bisa disebarkan melalui makanan dan menyerang pencernaan. Bakteri ini mengakibatkan demam ataupun keracunan makanan. Cacing tanah dianggap mampu mengobati penyakit tifus, karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri ini. biasanya cacing diolah dengan direbus lalu dibuat menjadi bubuk.

image via greeners.co

Selain untuk menghabat pertumbuhan bakteri samlonella, cacing tanah juga dapat ,enjadi antibakteri dari bakteri E.Coli yang menyebabkan diare. Cacing digunakan sebagai salah satu obat .dalam pengobatan tradisional.

Cacing tanah juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Karena didalam dagingnya terkandung protein yang bisa membatu pemercepat regenerai sel. Setelah mengtahui manfaatnya, mungkinkan masih jijik jika melihat cacing?. Meskipun memiliki bentuk tubuh yang menjijikan, namun ternyata cacing kaya akan mafaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top