fbpx

Jangan Takut! Jenis Jamur- Jamur ini Aman untuk di Konsumsi.

Jamur merupakan tumbuhan yang bersifat heterotrop dan tidak memiliki klorofil atau jat hijau daun. Tubuhnya terdiri atas hifa yang berbentuk benang-benang. Karena bersifat heterotroph, jamur banyak yang bersifat parasite. Habitat jamur bermacam-macam bergantung kepada jenis setiap jamur.

Jamur banyak ditemukan di berbagai tempat seperti kayu yang sudah lapuk atau pun di tanah. Kebanyakan dari jenis-jenis jamur yang ada beracun karena kandungan yang dimilikinya. Racun tersebut juga menimbulkan hal-hal yang berbeda dan pastinya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, banyak juga jamur yang aman dan enak untuk di konsumsi.

Berikut ini beberapa jenis jamur yang bisa di konsumsi

1. Jamur merang

Jamur merang memiliki nama ilmiah Volvariella volvacae, Jamur ini memiliki bentuk bulat berwarna coklat. Sesuai dengan Namanya, jamur ini hidup baik pada merang atau jerami. Jamur merang biasanya dibudidayakan pada bangunan yang disebut kumbung. Hidup pada suhu antara 30-23 derajat Celcius, karena itu jamur ini sering disebut sebagai warm mushroom. Karena tidak mengandung racun, jamur ini sangat aman untuk dijadikan bahan makanan. Selain itu rasa yang dimiliki juga enak, dan teksturnya tidak lembek ketika dimasak. Jamur merang sering ditemukan pada makanan seperti tumis jamur, pepes jamur atau sup.

image via greeners.co

2. Jamur tiram

Bentuk dari jamur tiram yaitu seperti tiram namun memiliki cekung di tengahnya. Jamur ini masuk kedalam  jamur pangan dari basidiomycota. biasanya jamur tiram dibudidayakan menggunakan limbah gergaji kayu, tetapi juga bisa didapatkan dipegunungan seperti pada bawah tanaman berkayu. Jamur tiram cenderung tidak membutuhkan cahaya matahari yang banyak untuk pertumbuhannya. Kanudungan gizi yang ada dalam jamur tiram juga cukup banyak seperti protein, vitamin, mineral, karbohidrat dan lainnya.

image via M.rri.co.id

3. jamur kuping

Selanjutnya jamur kuping, bentuk dari jamur kuping berbeda dengan jamur lainnya. Seperti namanya jamur ini cukup mirip dengan bentuk kuping tekstur yang dimiki dari jamur ini seperti jelly. Katika di pegang jamur ini terasa kenyal. jamur kuping umumnya memiliki warna coklat atau hitam. Pastinya jamur ini dapat dikonsumsi. Banyak manfaat yang dihasilkan ketika mengonsumsi jamur ini seperti mampu mengobati sakit pada luka bakar.

image via merdeka.com

4. jamur kancing

jamur jenis ini merupakan jamur yang paling banyak dibudidayakan. Bentuknya seperti kancing yang bulat berwarna putih bersih. Jamur kancing biasanya banyak ditemukan pada masakan barat seperti pizza, omelet dan gratin.

image via azzaramaviero.com

Semua jamaur diatas sungguh enak jika dimasak. Jadi jamur apa yang paling sering dimasak oleh mu?.

Leave a Reply

0
Scroll to Top