Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Apa Itu Unggas Serta Jenisnya

Pengertian Hewan Unggas

Unggas yaitu sejenis hewan seperti burung dan memiliki bentuk badan yang produktif. Jenis ini biasanya bagian seluruh tubuh nya bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi. Maka dari itu banyak sekali peternak atau pembudidaya jenis ini.

Unggas memang memiliki badan yang produktif tetapi rentan terkena wabah atau pun virus. Maka dari itu kita harus benar-benar menjaga perawatan nya seperti menjaga kebersihan kandang nya dan menjaga pola makan nya.

Ciri-ciri hewan unggas

  1. Rata-rata memiliki bulu yang menutupi tubuh nya
  2. Sistem pernafasan nya menggunakan paru-paru
  3. Berkembang biak dengan cara bertelur rata-rata
  4. Termasuk dalam golongan hewan yang adaptif
  5. Rata-rata memiliki bagian tubuh sayap untuk terbang
Jenis-Jenis Contoh Unggas

1. Angsa

81 Gambar Burung Angsa Paling Bagus - Gambar Pixabay
image via gambarhewan.pro

Angsa yaitu sejenis burung yang hidup di air yang memiliki ukuran yang besar. Merupakan golongan unggas burung terbesar didunia yang bisa berenang di air dan terbang. Angsa Putih merupakan salah satu jenis angsa yang memiliki tubuh yang paling besar.

Bentuk tubuh sang jantan lebih besar daripada betina. Semakin usia bertambah besar semakin lebat pula bulu yang melekat pada tubuh. Habitat biasa nya di iklim tropis sedang dan jarang ditemukan di iklim tropis. Biasa memakan cacing, ikan, hewan-hewan kecil dibawah nya dan buah, seperti pepaya.

2. Bebek

image via bbogrid.id

Bebek adalah jenis unggas selanjutnya, memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil. Bisa berenang sama hal nya dengan angsa. Namun bebek biasa nya lebih menyukai berenang dan diam di wilayah perairan seperti sungai dan rawa.

Sama hal nya dengan angsa biasanya memakan cacing, ikan dan hewan-hewan kecil. Salah satu hewan yang dapat di konsumsi oleh manusia karena memiliki cita rasa daging yang sangat gurih. Bukan hanya daging nya telur nya pun bisa dikonsumsi oleh manusia.

3. Burung Puyuh
Wallpaper burung puyuh HD unduh gratis | Wallpaperbetter
image via wallpaperbetter.com

Burung Puyuh juga termasuk ke dalam golongan jenis hewan unggas. Beda hal nya dengan bebek dan angsa Puyuh bisa terbang ke udara. Biasanya burung jenis ini memakan biji-bijian dan hewan kecil seperti cacing dan serangga.

Berkembang biak dengan cara bertelur. Telur nya seringkali dijadikan suatu hidangan jajanan oleh pedagang-pedagang kaki lima. Dagingnya pun bisa di konsumsi memiliki rasa yang khas.

4. Kalkun

41 Koleksi Gambar Hewan Ayam Kalkun HD - Gambar Hewan
image via gambarhewan.pro

Kalkun salah satu sebutan spesies burung terbesar di dunia. Memiliki bulu sangat indah yang melekat pada tubuhnya. Sehingga banyak orang untuk mencari burung ini untuk di pelihara. Bentuk tubuh kalkun hampir mirip dengan binatang yang dilindungi di Indonesia yaitu merak, terutama pada bagian bulu nya.

5. Ayam

Polisi Bekuk 6 Tersangka Judi Sabung Ayam di Telukbetung Utara – Suluh.co
image via wallpaperbetter.com

Ayam yaitu salah satu jenis unggas yang sangat populer di seluruh dunia. Unggas satu ini biasa nya banyak sekali dijadikan hewan peternakan. Karena seluruh bagian nya bisa dimanfaatkan mulai dari dagingnya hingga kotorannya.

Unggas satu ini bagian dagingnya sering kali dijadikan suatu hidangan. Mulai dari metode direbus digoreng hingga dibakar tetap memiliki cita rasa yang lezat dan akan kaya karbohidrat. Kotoran nya biasa nya dijadikan pupuk kompos yang bagus untuk kesuburan suatu tanaman.

Itulah ulasan mengenai hewan jenis unggas, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang unggas. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah!

Leave a Reply

0
Scroll to Top