fbpx

Beginilah! Tips Teknik Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Profil Ikan Koi

Istilah koi yaitu berasal dari bahasa Jepang, maka dari itu ikan ini merupakan berasal dari negara Jepang. Ikan ini sebenarnya seragam dengan ikan mas tapi terdapat perbedaan dari kedua nya.

Selain itu ada mitos jika memelihara nya dipercaya bisa membawa hoki bagi yang memeliharanya. Dalam kepercayaan yang berasal dari Negeri Sakura Jepang, memiliki kolam ikan Koi sendiri dipercaya akan selalu mendapat keberuntungan. Ikan Koi perak menyimbolkan kesuksesan dalam usaha, Ikan Koi hitam yang memiliki makna kesuksesan dalam berusaha.

Langkah Mudah Budi Daya Ikan Koi untuk Pemula
image via baktikunegeriku.com

Teknik Dan Langkah-Langkah Budidaya Koi Bagi Pemula

1.Memilih indukan ikan koi yang berkualitas

Memilih indukan dengan kualitas yang baik dan bagus merupakan suatu hal yang penting jika ingin membudidayakanya. Karena jika induk berkualitas maka menghasilkan telur keturunan yang berkualitas juga. Sebaliknya jika kondisinya buruk maka hasilnya pun akan buruk.

Namun mencari induk yang berkualitas itu bukan perkara mudah, biasanya yang mempunyai para kolektor dan para pecinta ikan tersebut. Tapi jangan khawatir bilamana kita menemukannya dia pasti mau untuk bekerja sama. Pembudidaya mendapatkan keuntungan mendapat induk yang berkualitas serta kolektor mendapat keuntungan Koi nya reproduksi.

Cara membedakan ikan koi yang sehat dan tidak sehat :

  • Umur sudah melebihi sekitar 2 tahun
  • Bentuk tubuh yang berisi/gemuk
  • Jika di air cenderung netral tidak terlalu aktif dan tidak terlalu diam
  • Warnanya yang mencolok hingga bersinar
  • Gerakannya gesit

Lebih baik kolam dipisah jantan dan betina, karena jika disatukan setelah reproduksi ikan harus puasa terlebih dahulu jika ingin pembuahan kembali.

2. Pembuatan kolam
Langkah Mudah Budi Daya Ikan Koi untuk Pemula
image via medium.com

Budidaya ternak ikan Koi ataupun budidaya ikan lainya tidak dapat melakukan budidaya jika tidak ada kolam untuk menampung mereka. Ada berbagai macam jenis kolam yaitu contohnya kolam tanah, terpal dan plesteran.

Disarankan lebih baik menggunakan kolam jenis terpal atau semen, jika menggunakan kolam tanah karena ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki harga tinggi agar terhindar dari kotoran dan tidak gampang terkena wabah penyakit.

3. Tahapan pemijahan

Tahapan-tahapan dalam budidaya ikan koi itu sangatlah penting termasuk proses pemijahan. Dalam tahap ini sebaiknya kalian menyiapkan jenis kelamin jantan lebih dari satu. Tujuanya agar betina bisa memilih untuk meminimalisir sang betina tidak mau reproduksi dan menjaga-jaga apabila ada koi jantan yang sedang tidak baik kondisinya.

Indonesia Importir Koi Terbesar Kedua Dunia ~ JOLEMBOONG
image via tokopedia.com

Tahap pemijahan biasanya dilakukan pada waktu malam hari tujuanya untuk mengurangi ada sesuatu yang menganggunya.

Itulah contoh tahapan budidaya ikan koi, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang Budidaya Ikan Koi. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top