Kenali 10 Manfaat Tangkai Daun Talas untuk Luka Hewan Ternak

Tahukah Anda bahwa pohon talas memiliki banyak sekali kegunaan. Salah satunya termasuk manfaat tangkai daun talas untuk luka hewan ternak. Pohon talas adalah jenis tanaman yang banyak ditanam oleh manusia karena umbinya untuk dikonsumsi.

Bukan hanya diolah menjadi makanan saja, bagian tangkai daun talas ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka pada hewan ternak. Penasaran bagaimana tangkai pohon ini bisa berguna? Yuk simak info berikut ini.

Manfaat Tangkai Daun Talas untuk Luka Hewan Ternak

Umbi talas mengandung banyak vitamin dan nutrisi baik di dalamnya. Contohnya adalah kalsium, zat besi, garam fosfat, vitamin A dan B, serta protein. Makanan ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

Selain umbinya, pohon talas ternyata memiliki manfaat lain khususnya pada bagian tangkainya. Berikut ini manfaat tangkai daun talas untuk luka hewan ternak, yaitu :

1. Penyembuhan dan Pembentukan Otot pada Luka

Tangkai daun talas mengandung kadar protein yang sangat tinggi yaitu 25,2 gram dari 100 gram tangkainya. Ini berarti nilainya jauh lebih tinggi dari ikan lele, ikan nila atau ikan mas.

Dengan kandungan protein setinggi ini, tidak heran jika tangkai daun talas bisa membantu menyembuhkan dan merangsang pembentukan otot pada luka. Caranya adalah dengan ditumbuk halus dan dibalurkan pada luka hewan ternak.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tangkai daun talas juga mengandung kadar albumin yang sangat tinggi. Albumin adalah sejenis protein yang membantu memperbaiki jaringan rusak seperti luka. Inilah mengapa tangkai daun talas bisa menyembuhkan luka dengan cepat.

3. Mengeringkan Luka

Albumin memiliki manfaat lain yaitu menjaga kestabilan cairan dalam tubuh. Kestabilan cairan ini sangat diperlukan supaya protein yang masuk bisa terserap sempurna. Protein akan bekerja maksimal menyembuhkan dan mengeringkan luka.

4. Menyehatkan Pencernaan

Beberapa peternak memberikan potongan tangkai daun talas untuk pakan hewan ternak. Tangkai daun talas cukup empuk serta mudah dicerna. Selain itu, kandungan nutrisi dan zat gizinya cukup melimpah.

5. Menyembuhkan Penyakit karena Luka

Manfaat tangkai daun talas untuk luka hewan ternak adalah sebagai obat yang menyembuhkan. Terjatuh, tergores, berkelahi, luka sobek, luka kulit hingga jamur bisa diatasi dengan memberikan tangkai daun talas.

6. Memperbaiki Gizi Buruk

Peternak mungkin tidak banyak mengetahui bahwa kandungan nutrisi dan gizi dalam tangkai daun talas cukup tinggi. Makanan ini bisa dijadikan booster sumber nutrisi bagi hewan ternak yang kurang gizi.

Cukup berikan 100 gram potongan tangkai daun talas dan campurkan pada makanan ternak lain. Kandungan gizinya seperti protein, kolagen dan lain sebagainya akan memenuhi gizi yang dibutuhkan hewan ternak.

7. Membantu Menyembuhkan Cacat

Bagi peternak yang memiliki ternak cacat, mungkin Anda harus mencoba khasiat tangkai daun talas. Makanan ini bisa membantu ternak cacat Anda sembuh dan menjadi normal.

8. Mempercepat Penyembuhan setelah Operasi

Semua luka pada tubuh hewan ternak bisa dipercepat kesembuhannya dengan menggunakan tangkai daun talas. Salah satunya adalah luka bekas operasi. Jaringan luka akan lebih cepat sembuh dengan protein tinggi tangkai daun talas.

9. Mengatasi Pembengkakan Tubuh

Luka yang tidak segera diobati bisa mengakibatkan pembengkakan. Dengan kandungan Albuminnya, tangkai daun talas akan membantu mengatasi dan mengurangi pembengkakan.

10. Meningkatkan Daya Tahan

Yang terpenting dari kesehatan hewan ternak adalah daya tahan tubuhnya. Dengan ketahanan yang baik, hewan ternak akan mampu melawan penyakit. Tangkai daun talas berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh ternak menjadi lebih baik.

Itulah manfaat tangkai daun talas untuk luka hewan ternak yang tidak banyak diketahui. Pohon dengan kandungan protein, albumin, flavonoid dan saponoid yang melimpah ini bisa dijadikan obat andalan saat hewan ternak terluka.

Leave a Reply

0
Scroll to Top