Cara Membuat Kandang Hamster yang Nyaman dan Memadai

Membuat sebuah tempat tinggal yang nyaman untuk hamster memang bukan hal yang sulit. Namun, tidak semua orang tahu cara membuat kandang hamster yang baik dan benar. Umumnya, kandang hamster hanya dibuat seadanya, mirip dengan kandang kucing dan ditambahkan beberapa mainan. Terkadang, fasilitas kandang ini tidak memadai untuk memberikan kenyamanan bagi hamster.

Cara Membuat Kandang Hamster yang Tepat

Kandang hamster harus benar-benar nyaman supaya hewan lucu dan menggemaskan ini tidak stress dan mudah sakit. Hewan ini termasuk dalam spesies pengerat sehingga perlu memperhatikan bahan dasar pembuatan kandang.

Berikut ini adalah cara membuat kandang hamster yang tepat agar mereka betah tinggal di dalamnya. Diantaranya adalah :

1. Tentukan Ukuran

Hamster adalah tipikal hewan yang memiliki aktivitas tinggi. Hewan ini cukup gesit dan lincah, berlarian ke sana kemari di dalam kandangnya. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya membuat kandang yang sedikit agak luas supaya mereka bebas bergerak.

Ukuran kandang untuk satu ekor hamster idealnya adalah 30 x 30 x 30 cm. Ini adalah ukuran yang cukup luas untuk seekor hamster. Dengan ukuran ini, Anda bisa memasukkan beberapa benda yang bisa dimainkannya.

2. Buat Kandang Tertutup

Perhatikan kondisi kandang secara keseluruhan. Sebagai hewan yang cukup gesit, Anda harus membuat kandang yang tertutup. Pastikan ada pintu untuk memudahkan memasukkan dan mengeluarkan hamster.

Meskipun tertutup, Anda juga harus tetap memperhatikan ventilasi udaranya. Jangan sampai tidak ada aliran udara yang masuk. Hal ini akan menyebabkan kandang menjadi lembab dan rawan ditumbuhi jamur.

Jika Anda menggunakan kandang dari kawat besi, tutuplah kandang di malam hari dengan selembar kain. Tujuannya adalah mencegah hamster berusaha kabur.

3. Berikan Alas

Untuk menciptakan kenyamanan di dalam kandang, hamster membutuhkan sebuah alat bantu. Biasanya mereka menyukai pemberian serbuk kayu dan pasir. Kedua hal ini membantu hamster menghangatkan tubuhnya saat kedinginan.

Anda bisa mendapatkan serbuk kayu di toko-toko peternakan. Biasanya dijual dalam bentuk kemasan. Pilihlah serbuk kayu yang tidak terlalu halus atau masih berserat kasar.

4. Berikan Mainan

Hamster bisa dikatakan sebagai hewan yang mudah jenuh. Apalagi jika mereka tinggal di kandang yang tertutup rapat. Untuk itu, cara membuat kandang hamster yang benar adalah menambahkan beberapa mainan seperti roda putar.

Mainan ini akan membantu meningkatkan kenyamanan dari hewan berbulu ini. Mereka tidak akan mudah merasa stress dan bosan. Dengan demikian, kesehatan mental hamster pun akan terjaga.

5. Buat Variasi Kandang Bertingkat

Hampir sama dengan spesies sejenisnya yaitu tikus, hamster juga memiliki karakter suka melompat dan memanjat. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan mereka. Solusinya adalah dengan membuatkan kandang bertingkat.

6. Gunakan Kawat

Hamster adalah jenis hewan pengerat. Karena itu, jenis kandang dari kayu bukanlah kandang yang tepat. Hewan ini bisa saja mengerat kayu sedikit demi sedikit hingga mematahkan kayunya.

Kandang yang paling tepat untuk hamster terbuat dari kawat, besi atau jika ingin ekonomis bisa dari kardus. Bahan-bahan ini cukup aman dari keratan hamster. Selain itu, bahan besi dan kawat akan menghasilkan kandang yang lebih kuat dan kokoh.

7. Pemberian Tempat Pakan

Selain memperhatikan bentuk dan bahan kandang, Anda juga harus memperhatikan isi kandang. Salah satunya yang harus diperhatikan adalah tempat makanan dan minumannya.

Pastikan tempat makanan dan minuman ini dalam posisi yang erat dan kokoh. Ini bertujuan untuk mencegah supaya tempat pakan ini tidak mudah tumpah. Kita tahu bahwa aktivitas hamster bisa saja menyenggol tempat pakan ini.

Itulah 7 cara membuat kandang hamster yang tepat untuk mendukung kenyamanannya. Kandang yang baik akan menjadi tempat tinggal yang menyenangkan. Dengan demikian, hamster Anda akan betah dan kerasan di dalam kandang.

Leave a Reply

0
Scroll to Top