Solusi Lahan Sempit! Berikut Cara Budidaya Ikan Guppy di Ember

Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias bertubuh mungil dan menarik yang sangat mudah dibudidayakan. Bahkan, ikan ini bisa dikembangkan dengan cara budidaya ikan guppy di ember.

Ikan guppy tidak membutuhkan ruang yang besar alias bisa dibudidayakan di tempat sempit. Selain itu, pembudidayaannya sangat mudah, praktis dan tidak memakan banyak biaya. Selain sebagai hobi, Anda bisa memanfaatkan kelebihan ini untuk menambah penghasilan.

5 Cara Budidaya Ikan Guppy di Ember

Ikan guppy tergolong sebagai ikan hias yang sangat populer. Warna-warna tubuhnya menciptakan pemandangan menarik saat ikan-ikan ini memenuhi akuarium. Ikan guppy juga tergolong ikan yang mudah beradaptasi. Mereka cukup kuat untuk ditempatkan di mana saja.

Cara budidaya ikan guppy di ember adalah salah satu cara terpraktis bagi Anda yang terhalang tempat saat ingin beternak ikan ini. Ikan guppy sangat bisa diternakkan dan beranak pinak meski hanya diletakkan di dalam ember. Ini adalah cara-caranya:

1. Pilih Indukan Berkualitas

Langkah pertama adalah memilih indukan ikan guppy yang baik dan berkualitas. Mutu induk akan berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya. Gunakan bibit unggulan yang sehat, tidak cacat, lincah serta bibit ikan guppy tidak stress.

Induk Guppy betina memiliki bentuk tubuh lebih bulat dengan warna yang membosankan. Mereka juga tidak memiliki sirip. Sedangkan induk guppy jantan bertubuh ramping dengan warna cerah dan kontras.

2. Pilih Ember yang Tepat

Budidaya kali ini akan dilakukan di dalam ember. Anda harus mempersiapkan ember yang besar supaya induk guppy bisa berenang dengan bebas. Jumlah indukan dalam satu ember harus dibatasi dan tidak boleh terlalu banyak.

Ember yang paling tepat untuk budidaya ikan guppy adalah yang sekiranya bisa menampung air setinggi 40 cm. Lebarnya bisa menggunakan ember dengan lebar sekitar 1 meter. Usahakan untuk memiliki lebih dari 1 ember sebelum budidaya.

3. Pemberian Pakan Indukan

Pemberian pakan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan guppy. Ikan mungil ini membutuhkan makanan berprotein tinggi supaya bisa tumbuh dengan baik dan maksimal.

Anda bisa memberikan pakan alami atau pakan instant. Contoh pakan alami yang baik untuk ikan guppy adalah jentik nyamuk, mikro worm, cacing sutera dan lain sebagainya. Sedangkan pakan instant adalah berbagai macam pellet.

Perhatikan pula proses pemberian pakan terhadap ikan guppy. Jangan terlalu banyak atau memberikan pakan berlebih untuk mereka karena kebutuhan konsumsinya juga tidak banyak. Pakan yang kebanyakan hanya akan membuat air menjadi keruh.

4. Proses Pemijahan

Cara budidaya ikan guppy di ember selanjutnya adalah menunggu proses pemijahan induk guppy selesai. Proses pemijahan bisa berlangsung dengan bantuan peternak. Jangan menyatukan induk jantan dan betina secara langsung.

Anda bisa meletakkan induk betina di pagi hari kemudian disusul induk jantan pada sore harinya. Proses pemijahan berlangsung selama kurang lebih 4 – 7 hari. Setelah terjadi pemijahan, pindahkan induk betina ke tempat lain.

Anda harus merawat induk betina secara intensif. Pemberian pakan tidak boleh kurang atau kebanyakan. Guppy betina membutuhkan banyak nutrisi untuk menumbuhkan embrio di perutnya. Tunggulah hingga induk melahirkan anak guppy.

5. Jaga Kualitas Air

Dalam membudidayakan ikan guppy dalam ember, Anda harus memperhatikan kualitas air yang menjadi tempat tinggalnya. Ikan ini membutuhkan air bersih dan beroksigen. Air ember setidaknya harus diganti 3 hari sekali.

Air ember tempat telur ditetaskan harus bersih dan mempunyai ventilasi. Jangan menggunakan aliran yang deras agar tidak mengganggu larva. Anda bisa menambahkan tanaman air untuk meningkatkan kadar oksigen.

Itulah 5 cara budidaya ikan guppy di ember yang bisa Anda pelajari dan praktekkan. Setiap langkahnya sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan keterampilan khusus. Jika Anda berhasil, kegiatan ini bisa dijadikan ladang penghasilan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top