Dari Properti Hingga Obat, Inilah Manfaat Tanaman Orok-Orok

Orok-orok atau crotalaria juncea, umumnya dianggap sebagai tanaman asli Bangladesh, Bhutan dan India. Padahal, ini adalah tanaman yang tersebar di daerah tropis. Biasanya, tanaman ini digunakan oleh petani sebagai penutup tanah pada lahan yang belum digarap. Bahkan, beberapa petani membuangnya karena dianggap gulma.

Tanaman orok-orok ini dapat dijadikan pupuk hijau karena bakteri endofilik di dalam bintil-bintil tanaman ini dapat mengikat Nitrogen (N2) di udara. Dengan begitu, dapat mengurangi penggunaan pupuk buatan. Selain itu, masih banyak manfaat orok-orok. Apa saja itu? Yuk kita bahas.

manfaat-orok-orok-star-farm

4 Manfaat orok-orok

Jika daun dari orok-orok dimanfaatkan sebagai pupuk buatan, maka bagian lain dari tanaman ini juga bermanfaat untuk kebutuhan lain. Berikut manfaat orok-orok.

1. Serat kulit pohon

Berdasarkan Plant Use, serat kulit pohon orok-orok yang kuat dapat dijadikan tali sepatu, benang, jaring ikan dan tisu. Beberapa orang juga mengolahnya menjadi produk rumah, seperti karpet, meja, sprei hingga anyaman.

Sebenarnya, signifikasi utama orok-orok terletak pada serat kulit pohonnya yang berharga. Ini membentuk sekitar 8% dari berat batang kering. Bagian inilah yang membuatnya menjadi pilihan baik untuk pembuatan kertas.

2. Batang kering

Walaupun disebut beracun bagi ternak, benih orok-orok masih dijadikan pakan kuda di Uni Soviet dan babi di Zimbabwe. Batang yang tersisa setelah serat dipindahkan juga dapat digunakan sebagai bahan bakar.

3. Biji

Melansir Health Benefits Times, biji tanaman orok-orok dipercaya dapat membersihkan darah, dan digunakan dalam pengobatan tradisional. Di India, tanaman yang umumnya berwarna kuning ini digunakan untuk anemia, impetigo, menoragia hingga psoriasis.

Tak hanya itu saja, biji bubuk yang dicampur dengan minyak dapat digunakan sebagai penumbuh rambut alami. Biji orok-orok juga diolah sebagai produk perekat kayu lapis dan oleh lainnya sebagai pengganti kopi. Namun hati-hati, biji dari banyak spesies clotaria ini mengandung alkaloid pyrrolizidine yang beracun.

4. Daun orok-orok

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh periset dari Universitas Diponegoro, terhadap kambing perah, daun orok-orok memiliki protein yang tinggi. Jadi, mampu mendongkrak produksi susu kambing perah.

Begitu banyak manfaat dari orok-orok. Spesies dari crotalaria ini bermacam-macam, bahkan terdapat 500 spesies yang tersebar di seluruh daerah tropis. Orok-orok merupakan spesies genus yang paling penting secara ekonomi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top