Manfaat Bunga Turi, Melancarkan Asi dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Apakah Anda tahu tentang pohon turi? Pohon ini biasanya tumbuh di kebun, dekat sawah atau pekarangan. Pohonnya berukuran sedang dengan kayu yang lunak dan batangnya tidak terlalu besar. Yang sering diambil untuk dimanfaatkan dari tanaman ini adalah bunganya yang biasanya berwarna putih atau merah. Ternyata bunga ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh dan Anda dapat menjadikannya sebagai solusi obat herbal yang aman untuk dikonsumsi. Yuk kita bahas mengenai manfaat bunga turi.

manfaat-bunga-turi-star-farm

Manfaat Bunga Turi Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga turi yang bisa Anda peroleh.

1. Memperlancar ASI

Bagi ibu menyusui, dapat memberikan ASI kepada anak secara optimal adalah sebuah kepuasan teersendiri. Nah, salah satu makanan yang bisa memperlancar keluarnya ASI adalah dengan mengkonsumsi bunga turi. Cara mengkonsumsinya sangat mudah yaitu cukup direbus saja dan Anda dapat menikmatinya sebagai lalapan ataupun dimakan bersamaan dengan sayuran lain seperti dibuat menjadi pecel.

2. Menyembuhkan keputihan

Menderita keputihan adalah sesuatu yang sangat mengganggu dan tidak nyaman untuk kaum wanita. Segeralah tuntaskan masalah tersebut dengan menggunakan bunga turi. Caranya adalah dengan menumbuk bunga turi, kunyit dan air. Peras campuran tersebut dan minum secara teratur.

3. Obat sariawan

Kurangnya vitamin C dapat memicu sakit sariawan yang sangat tidak nyaman dan mengganggu. Konsumsilah bunga turi untuk menambah vitamin C dan dapat dijadikan sebagai obat kumur. Caranya adalah dengan meremas bunga turi di dalam air dan dijadikan sebagai obat kumur. Ulangi secara rutin 4 kali sehari atau dengan meminum air rebusan bunganya.

4. Mempercepat penyembuhan luka di kulit

Kandungan etanol yang terdapat dalam ekstrak bunga turi ternyata telah teruji dapat mempercepat sembuhnya luka di kulit seperti memar, bengkak, kudis dan lain sebagainya. cara pemakaiannya adalah dengan menumbuk bunga hingga halus dan mengoleskannya di bagian yang terluka.

5. Mengobati batuk

Sakit batuk yang terus menerus tentu saja sangat mengganggu dan Anda pasti ingin segera menyembuhkannya. Sebelum menggunakan obat kimia, lebih baik Anda mencoba obat herbal dari turi. Caranya adalah dengan menumbuk segenggam daun dan turi merah sampai halus. Campurkan dengan jeruk nipis dan minum secara rutin.

6. Mengobati rabun jauh

Mata yang mengalami rabun jauh pasti akan membuat penderitanya merasa kesulitan beraktivitas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi rutin bunga turi agar segera sembuh.

Ternyata bunga turi ini memiliki banyak kegunaan yang belum kita ketahui. Jadi, tidak ada salahnya bila kita juga menanam tanaman ini di rumah kita agar dapat memanfaatkannya sebagai obat herbal yang aman dan berkhasiat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top