Cara Budidaya Indigofera, Pakan Hijauan Penuh Nutrisi untuk Hewan Ternak!

Bagi hewan ternak, pakan merupakan hal utama yang memengaruhi kebutuhan pertumbuhan, khususnya pakan hijauan. Pakan hijauan bisa didapatkan dari rumput, sayur, hingga tanaman indigofera. Belakangan ini, tanaman indigofera banyak dicari oleh peternak karena nutrisinya yang sangat berlimpah dan sangat baik untuk hewan ternak.

Indigofera sendiri sering kali disebut dengan Tarum dalam bahasa sunda atau Tom dalam bahasa jawa. Ada pula yang menyebutnya tanaman Nila. Namun apa pun sebutannya, jika Anda ingin memberikan indigofera sebagai pakan hewan, yuk coba budidaya sendiri dengan berbagai cara budidaya indigofera berikut.

cara-budidaya-Indigofera-star-farm

Langkah Mudah Budidaya Indigofera

Meskipun tidak membutuhkan treatment khusus, namun ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk budidaya Indogefera. Diantaranya adalah:

1. Penanaman

Langkah pertama dalam budidaya indogofera adalah penanaman. Anda perlu menyiapkan bibit indigofera dalam bentuk benih yang sudah mulai tumbuh. Setelah menyiapkan bibit, Anda perlu membuat lubang pada bedengan. Kedalamannya sekitar 15 hingga 20 cm dengan jarak sekitar 30 hingga 50 cm.

Setelah itu, siram bibit indigofera terlebih dahulu. Kemudian lepas plastiknya, tanam dalam lubang yang telah dibuat lalu timbun kembali. Penanaman lebih baik dilakukan pada sore hari untuk menghindari risiko layu pada bibit yang baru ditanam.

2. Perawatan

Untuk perawatan, Anda hanya perlu menyirami tanaman Indigofera hanya sekali dalam dua minggu atau 10 hari (saat musim kemarau). Selain penyiraman, lakukan pula pemotongan atau penyiangan gulma dan tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan indigofera dengan sabit atau cangkul.
Agar tanaman bertumbuh semakin baik, maka bisa tambahkan pemupukan secara berkala dengan pupuk kandang maupun pupuk organik buatan.

3. Pamanenan

Pada penanaman pertama, indigofera dapat Anda panen di usia 4 bulan. Setelah itu, Anda bisa panen setiap 40 hingga 60 hari sekali. Cara pemanenannya pun mudah, Anda hanya perlu memangkas daunnya dan sisakan batang dengan tinggi sekitar 80 cm agar bisa dipanen kembali.

Demikian beberapa cara budidaya tanaman indigofera yang sangat ideal dijadikan pakan hijauan ternak. Indigofera dikatakan ideal untuk pakan karena mengandung serat kasar sekitar 15,25%, fosfor 0,18%, kalsium sekitar 0,22%, dan protein kasar 27,9% yang baik untuk ternak. Bagaimana, apakah Anda tertarik memberikan indigofera pada hewan ternak Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top