Manfaat Kayu Secang, dari Menjaga Sistem Imun hingga Mencegah Kanker

Jika Anda pernah mengunjungi Yogyakarta, tentu tidak asing dengan Wedang Uwuh. Ini adalah minuman yang diracik dari berbagai bahan, mulai dari daun cengkeh, kayu manis, hingga kayu secang. Ya, kayu secang dijadikan adalah satu bahan minuman menyehatkan karena tanaman mengandung bahan aktif. Tidak heran jika kayu secang termasuk dalam obat herbal. Apa sajakah manfaat kayu secang bagi kesehatan?

manfaat-kayu-secang-star-farm

Manfaat Kesehatan dari Kayu Secang

Banyaknya kandungan bahan aktif di dalam batang kayu secang membuat tanaman berwarna merah ini memiliki banyak manfaat. Melansir beberapa sumber, berikut 5 manfaat kayu secang.

1. Antimikroba

Kayu secang mengandung metanol yang dinilai dapat menghambat bakteri Staphyloccus aureus yang resistan terhadap methicillin. Air rebusan kayu secang memiliki sifat antimikroba. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti infeksi kulit, infeksi sendi hingga keracunan makanan.

Mencuci wajah menggunakan air rebusan secang juga diyakini dapat mengobati jerawat secara efektif. Hal ini disebabkan oleh pigmen merah dalam ekstrak kayunya yang disebut brazilin. Pigmen ini dapat melawan penyebab jerawat, Propionibacterium acnes.

2. Antioksidan

Dibandingkan teh biasa, teh secang terbukti mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk melindungi dari radikal bebas. Caranya adalah dengan mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Dan hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian.
Sifat antioksidan pada secang juga disebabkan oleh adanya senyawa flavonoid serta fenolik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Antitumor

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus, ekstrak air dari kayu secang kering yang sudah dicampur dengan etanol (50%) menunjukkan adanya sifat antitumor yang dapat menghambat perkembangan sel abnormal.

4. Menghentikan pendarahan

Batang kayu secang mengandung astrigen, hemostatik dan bahan penyembuh lain yang dapat membantu menghentikan pendarahan pada gusi. Hal ini juga dapat membuat gusi lebih kuat. Bahkan kandungan ini dapat menyembuhkan sariawan dan stomatis.

5. Meredakan asam urat

Kandungan sappanchalcone dan Caesalpin P dalam batang kayu secang dapat meredakan asam urat karena memiliki sifat antiinflamasi. Sifat antiinflamasi ini dapat menghambat aktivitas hyalurodinase yang merupakan protein penyebab peradangan di dalam tubuh.

Nah, itulah sejumlah manfaat kayu secang yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari banyak penyakit. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakan rebusan kayu secang untuk obat herbal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top