Tanaman Pagar Penuh Manfaat, Begini Cara Menanam Kalindra Merah

Bagi sebagian orang, tanaman pagar sering kali dijadikan sebagai hiasan pagar yang mempercantik tampilan rumah. Apalagi dengan adanya warna bunga satu dua buah yang menempel di tanaman, memperindah suasana depan rumah. Salah satu tanaman pagar yang banyak digunakan adalah kalindra merah atau colothirsus.

Kalindra merah merupakan tanaman dengan akar kuat, tumbuh dengan kemiringan, dan berbunga sepanjang musim. Tak hanya itu, kalindra juga sering kali digunakan sebagai pakan ternak karena kandungan proteinnya yang tinggi. Dengan ciri itulah, banyak orang menganggap bahwa kalindra adalah tanaman paling cocok untuk dijadikan tanaman pagar sekaligus pakan. Lantas, bagaimanakah cara menanam kalindra merah? Yuk kita bahas.

Cara Menanam Kalindra Merah

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan ketika ingin menanam kalindra merah, antara lain:

1. Pembibitan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari bibit kalindra merah di berbagai toko tanaman atau penanam lain. Ada dua cara dalam pembibitan, yakni: Pertama, bibit unggul kalindra didapatkan dengan cara memotong-motong bagian yang sudah tua dengan panjang 20-30 cm.

Pada metode ini, Anda harus memastikan, bahwa kalindra yang Anda dapatkan memiliki kualitas yang baik. Kedua, bibit didapatkan dari buah yang ditanam terlebih dahulu menggunakan polybag.

2. Penanaman

Penanaman kalindra tergolong sangat mudah di mana Anda hanya perlu menancapkan bibit ke tanah tanpa perlu menggemburkannya terlebih dahulu. Ingat, jika Anda ingin membuat kalindra sebagai tanaman pagar, maka pastikan Anda menancapkan bibitnya di posisi yang tepat.

3. Masa Panen

Pada bagian daun, kalindra bisa dipanen ketika sudah berumur setengah tahun atau berkisar 6 bulan. Daun yang didapatkan ini yang kemudian bisa dijadikan pakan ternak Anda. Daun Kalindra sendiri juga bisa digunakan sebagai pengganti rumput untuk pakan ternak Anda.

Tidak hanya daunnya, Anda juga bisa memanen buah kalindra yang bisa dinikmati setelah 1 tahun penanaman. Buah kalindra sendiri memiliki nilai ekonomis tinggi, karena jika dijual akan cukup mahal di pasaran. Namun fakta tersebut jarang yang tahu, sehingga penanam kalindra jarang sekali menjual buahnya.

Demikianlah beberapa cara menanam kalindra merah yang perlu Anda lakukan.Untuk menjaga pertumbuhannya, Anda perlu sesekali menyirami dan melakukan pemupukan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top