Mengenal 8 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh

Kacang panjang adalah salah satu jenis tanaman yang mudah ditanam dan banyak digunakan untuk masakan sehari-hari. Tahukah Anda bahwa banyak sekali manfaat dan khasiat kacang panjang untuk kesehatan. Sayuran yang nampak sepele dan tidak sepopuler bayam atau brokoli ini ternyata memiliki kelebihan yang sangat positif untuk kesehatan tubuh kita. Apakah itu? Mari simak info berikut ini.

Manfaat Kacang Panjang

Nama ilmiah dari tanaman kacang panjang adalah Vigna senesis. Tanaman ini tumbuh di semua tipe tanah baik dataran tinggi ataupun dataran rendah. Kacang panjang merupakan tumbuhan merambat yang diambil buahnya yang berbentuk lonjong dan panjang.
Kacang panjang bisa dikonsumsi secara mentah atau dimasak.

Dalam kehidupan sehari-hari, kacang panjang tidak sebooming bayam, brokoli atau sayuran lainnya. Hal ini dikarenakan belum banyak yang mengetahui manfaat kacang panjang untuk kesehatan.

Kacang panjang adalah sumber serat dan protein nabati alami yang melimpah. Sayuran ini mengandung gizi yang sangat banyak seperti vitamin, betakaroten, kalium, natrium, zat besi, fosfor, protein, lemak, kalsium, serat, energi hingga karbohidrat.
Berikut ini adalah manfaat dan khasiat kacang panjang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah :

1. Meringankan Nyeri Haid

Beberapa wanita haid akan mengalami kram perut yang ekstrem dan menyakitkan. Kacang panjang mengandung senyawa mangan yang berfungsi untuk memperbaiki frekuensi dan tingkat keparahan kram perut.

2. Membuat Kulit Sehat dan Cerah

Jika Anda ingin kulit yang sehat dan cerah, perbanyak mengonsumsi kacang panjang. Sayuran ini mengandung tinggi vitamin C yang akan membantu mengurangi keriput, memperlambat proses penuaan hingga menyembuhkan kulit kering.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung umumnya berawal dari tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan mengonsumsi kacang panjang secara teratur, Anda dapat menekan jumlah kolesterol jahat. Dengan demikian, kesehatan jantung Anda akan lebih terjaga.

4. Mencegah Kanker

Flavonoid, riboflavin dan antioksidan nabati bisa Anda dapatkan dengan mudah. Caranya adalah dengan mengonsumsi kacang panjang. Tahukah Anda bahwa efek sinergis yang dihasilkan dari flavonoid dan riboflavin efektif untuk mencegah kanker?

Hal ini diketahui dari penelitian di sebuah Universitas Australia yang menyatakan bahwa reaksi dua senyawa tersebut akan menekan pertumbuhan sel kanker. Penelitian ini dilakukan pada pasien kanker payudara dan kanker usus.

5. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat dan khasiat kacang panjang untuk kesehatan yang paling penting adalah menangkal adanya radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C yang tinggi dalam sayuran ini adalah penyebabnya.

Vitamin C menjadi antioksidan yang mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan organ akibat polusi, radikal bebas dan bahan kimiawi beracun. Dengan asupan kacang panjang yang cukup, Anda akan hidup lebih sehat.

6. Memperbesar Payudara

Kacang panjang mengandung senyawa yang bernama fitoestrogen. Senyawa ini mampu memicu pertumbuhan sel epitel dalam payudara dan meningkatkan volumenya.

7. Menurunkan Kadar Glukosa

Kacang panjang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Sayuran ini cocok bagi Anda yang sekarang ini sedang mengalami penyakit diabetes.

8. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Bayi yang lahir cacat hampir sebagian besar diketahui mengalami kekurangan asam folat. Kacang panjang merupakan salah satu bahan makanan yang tinggi kandungan asam folatnya. Saat hamil, Anda harus memperbanyak mengonsumsi kacang panjang supaya bayi lahir sempurna.

Itulah 8 manfaat dan khasiat kacang panjang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui informasi ini, kini Anda harus mulai memasukkan kacang panjang sebagai salah satu menu makanan sehari-hari. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top