Ini Dia Khasiat Air Bambu Eul-Eul yang Menyegarkan

Ada banyak jenis air dari tanaman yang dikonsumsi di Indonesia. Salah satunya adalah air bambu Eul-Eul. Ada banyak khasiat air bambu Eul-Eul khususnya bagi kesehatan.

Indonesia memang negara yang memiliki kekayaan hayati yang amat melimpah. Semua tanaman yang tumbuh di negara ini mempunyai beragam manfaat yang bisa dipergunakan untuk kelangsungan hidup manusia, termasuk air bambu Eul-Eul.

Khasiat Air Bambu Eul-Eul Bagi Kesehatan Manusia

Salah satu ragam hayati Indonesia yang cukup unik dan eksotis adalah bambu Eul-Eul. Tanaman bambu ini bisa menghasilkan air yang dapat dikonsumsi layaknya air kelapa. Air bambu Eul-Eul ini dipercaya memiliki banyak sekali kandungan senyawa yang menyehatkan.
Perihal manfaat air bambu Eul-Eul bagi kesehatan memang bukan hal yang baru lagi. Air bambu ini mengandung 5,9 % mineral dan 18,34 % oksigen. Inilah mengapa banyak orang memanfaatkannya sebagai media penyembuhan.

Bambu Eul-Eul menghasilkan air dari proses osmosis yang terjadi di dalam ruas bambu. Proses inilah yang menyebabkan kandungan mineral dan oksigen air bambu menjadi cukup tinggi.

Sebelum mengenal manfaat dari air bambu Eul-Eul, mari kita mengenal lebih dalam mengenai karakteristik bambu yang satu ini. Diantaranya adalah :

1. Berbeda dari Bambu Biasa

Bambu Eul-Eul memiliki keunikan tersendiri yaitu menghasilkan air di dalam ruas-ruas bambunya. Inilah yang menjadikan bambu ini berbeda dengan bambu biasanya.

2. Tumbuh di Daerah Tertentu

Meskipun termasuk tanaman tropis, namun bambu Eul-Eul tidak mudah tumbuh di sembarang tempat. Bambu ini hanya tumbuh di tempat tertentu seperti hutan Jawa Barat karena berada di ketinggian 1200 – 2000 mdpl.

3. Tidak Tumbuh Berumpun

Tanaman bambu yang satu ini tidak memiliki karakteristik seperti bambu pada umumnya yang tumbuh berumpun atau bergerumbul. Bambu Eul-Eul hanya tumbuh beberapa batang saja.

4. Semakin Tinggi Semakin Menunduk

Ruas bambu Eul-Eul semakin keatas semakin panjang. Batang pohon bambu ini juga akan nampak seperti menunduk seiring bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan kandungan air dalam ruas yang menjadi bobot terhadap batang pohon itu sendiri.
Terkadang rasa air bambu Eul-Eul tawar, namun juga beraroma di waktu lain. Kondisi seperti ini mungkin saja terjadi karena pengaruh proses osmosisnya.

Meskipun terkadang memiliki rasa dan aroma yang beragam, manfaat air bambu ini tidak akan berubah. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa manfaat air bambu Eul-Eul bagi kesehatan berikut ini, yaitu :

5. Dipergunakan sebagai Penambah Stamina

Sama seperti meminum air kelapa, air bambu Eul-Eul juga akan mengembalikan dan menambah stamina Anda dalam sekejap. Anda akan merasa segar dan bugar setelah meminum air ajaib ini.

6. Dipergunakan sebagai Pengobatan Alternatif

Air bambu Eul-Eul dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti ginjal, kolesterol, asam urat, lumpuh hingga darah tinggi. Kandungan mineral dalam air bambu ini bermanfaat untuk mengembalikan fungsi organ tubuh seperti semula.

7. Dipergunakan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Tingginya kandungan mineral dan oksigen dalam air bambu Eul-Eul membuatnya berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Asupan mineralnya mudah diserap karena merupakan senyawa alami.

Bagi Anda yang penasaran rasa air bambu Eul-Eul menyegarkan, silahkan untuk mencobanya. Rasakan sendiri bagaimana sensasi dan kesegaran air bambu yang satu ini. Kesegarannya tak kalah dengan air kelapa yang masih muda. Selain segar, banyak khasiat air bambu Eul-Eul yang bisa didapatkan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top