Wajib Baca! 6 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Anda

Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak boleh dilewatkan keberadaannya. Terlepas dari rasanya yang pedas membakar, banyak manfaat cabai bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Mungkin Anda dan banyak orang lainnya hanya menyukai sensasi pedas dari bumbu dapur ini. Namun bila Anda mengetahui bagaimana manfaatnya untuk tubuh, Anda akan semakin jatuh cinta.

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Cabai adalah salah satu bahan pangan unggulan Indonesia yang pemakaiannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahan masakan ini memiliki keunikan dari sensasi rasanya yang pedas membakar. Namun demikian, masyarakat Indonesia masih sangat meminatinya.

Sebagai salah satu bumbu dapur terfavorit, cabai nampaknya memiliki manfaat yang tidak bisa disepelekan. Banyak manfaat cabai bagi kesehatan yang tidak diketahui oleh masyarakat. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat cabai bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cabai mengandung pro vitamin A atau betakaroten tinggi. Hal ini dapat dilihat dari warna merah pada cabai yang masak. Kandungan vitamin C dalam bumbu ini juga cukup tinggi dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin C Anda dalam sehari.

Vitamin A akan berfungsi untuk menjaga membran mukosa tetap sehat. Membran mukosa adalah membran yang melapisi saluran hidung, paru-paru, pencernaan dan saluran kemih. Membran ini berfungsi untuk pertahanan tubuh dari bakteri patogen.

Dengan organ yang sehat, tubuh pun akan menjadi sehat dan kuat. Anda memiliki kemampuan atau daya tahan tubuh yang tinggi untuk melawan penyakit dari bakteri, kuman atau virus yang menyerang.

2. Mencegah Maag

Jangan mengira bahwa cabai adalah pencetus terjadinya penyakit maag. Ini adalah anggapan yang keliru. Justru cabailah yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, membunuh kuman dan bakteri serta meningkatkan fungsi usus.

Cabai mengandung senyawa yang bernama kapsikin yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan mikroorganisme baik dalam organ pencernaan. Organ cerna yang sehat akan membuat nutrisi terserap sempurna.

3. Mencegah Penyebaran Kanker Prostat

Salah satu senyawa dalam cabai memiliki kemampuan mencegah penyebaran sel kanker prostat. Senyawa ini bernama capsaicin. Senyawa ini akan mempengaruhi sel kanker untuk mati namun tetap melindungi pertumbuhan hormon testosteron.

4. Mengobati Diabetes Tipe 2

Manfaat cabai bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2. Kandungan peptida dalam cabai akan menstimulasi hati supaya lebih mampu menstabilkan produksi insulin.

Penderita diabetes tipe 2 bisa menggunakan metode memakan cabai sebanyak 24% dari porsi hariannya sebagai salah satu alternatif penyembuhan. Dengan konsumsi rutin, hormon insulin yang dihasilkan oleh hati akan perlahan mendekati titik stabil.

5. Menurunkan Berat Badan

Cabai mengandung senyawa yang bernama Capsaicin dihydrocapsiate. Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan konsumsi energi setelah mengonsumsi makanan bercabai. Tidak heran jika Anda sering merasa panas setelah makan pedas.

Selain itu, efek kenyang akan ditimbulkan untuk mencegah rasa lapar dan keinginan untuk mengonsumsi makanan lagi. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa lapar dan terjadi pengurangan asupan kalori. Berat badan Anda akan turun bertahap.

6. Meredakan Rasa Sakit

Senyawa dalam cabai yaitu capsaicin topikal sedang diteliti untuk dipergunakan sebagai salah satu bahan obat pereda sakit secara alami. Senyawa ini mampu mengurangi rasa nyeri yang dialami oleh penderita beberapa macam penyakit.

Itulah enam manfaat cabai bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Mengingat banyaknya manfaat dari bumbu dapur ini, pastikan untuk tidak ketinggalan menggunakannya dalam olahan masakan. Masakan akan menjadi lebih nikmat dan menyehatkan tubuh Anda.

Leave a Reply

0
Scroll to Top