8 Manfaat Hewan Kuda Untuk Manusia, Apa Saja Ya?

Kuda merupakan salah satu hewan yang memiliki berbagai manfaat dalam menunjang kehidupan manusia. Dari ribuan tahun yang lalu sebelum ada kendaraan modern seperti saat ini, tenaga kuda dimanfaatkan sebagai alat transportasi oleh manusia. Tak hanya itu, di era modern ini juga banyak manfaat hewan kuda untuk manusia.

Manfaat Hewan Kuda Untuk Manusia

Hewan kuda memiliki berbagai macam jenis yang beraneka ragam dan memiliki keunggulan masing-masing dalam setiap jenisnya. Manfaat hewan kuda untuk manusia sangatlah beragam. Berikut ini beberapa jenis yang dapat Anda ketahui dalam memanfaatkan hewan kuda untuk manusia.

1. Untuk berperang

Sejak zaman dahulu manfaat hewan kuda untuk manusia. tidak perlu diragukan lagi. Hewan kuda juga digunakan untuk kegiatan perang. Memiliki badan yang tangguh dan punggung yang kokoh merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh hewan satu ini untuk membantu pemiliknya perang.

2. Untuk tunggangan

Selain memiliki badan yang tangguh kuda juga memiliki badan yang kuat sehingga mampu menahan beban yang cukup berat. Sejak zaman dahulu sampai sekarang kuda masih digunakan untuk tunggangan dan membantu kehidupan manusia.

Banyak orang memanfaatkan tenaga kuda untuk perjalanannya. Tetapi, memiliki kuda yang hebat pastinya memerlukan pelatihan yang rutin. Kuda harus mampu melalui segala tantangan dalam pelatihannya. Setelah dirasa cukup latihan menunggang kuda maka kuda dapat dilepas dan menjadi tunggangan dalam segala sesuatu yang darurat.

3. Untuk pacuan kuda

Selain menjadi hewan ternak, kuda juga dimanfaatkan sebagai penyalur hobi bagi pemiliknya yaitu pacuan kuda. Kuda sering digunakan dalam olahraga dan permainan dari zaman dulu hingga sekarang.

Jenis kuda yang digunakan tentunya beda perlakuannya dengan jenis kuda yang akan dikonsumsi dan digunakan untuk keperluan lain. Kuda yang digunakan untuk pacuan kuda tentunya diberikan latihan yang tidak sebentar untuk masuk ke dalam arena lomba. Dengan demikian kuda untuk pacuan lomba tentunya dipilih dalam kategori kuda yang berlari sangat kencang.

4. Untuk dimanfaatkan susunya

Selain hewan ternak lain seperti sapi dan kambing, kuda juga dapat dimanfaatkan susunya untuk kesehatan manusia. Khasiat yang dimiliki oleh susu kuda yaitu dapat menyembuhkan beberapa penyakit kronis hingga untuk kesehatan pasangan suami istri.

5. Untuk dikonsumsi dagingnya

Selain susu yang dapat dikomsumsi, daging kuda juga dapat dikonsumsi oleh manusia. Memiliki tekstur yang lebih kasar dari pada daging sapi merupakan ciri khas dari daging kuda dan banyak diburu untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Di Indonesia anda akan kesulitan mencari tempat untuk menikmati olahan daging kuda. Karena hanya beberapa daerah yang menyediakan menu makanan dari daging kuda dan makanan jenis ini kurang familiar di lidah orang Indonesia.

Daging kuda ini rendah kolesterol sehingga sangat aman untuk dikonsumsi untuk segala macam usia. Daging kuda biasanya diolah menjadi sate dan sup yang lezat sebagai resep andalan.

6. Untuk penarik kereta

Delman merupakan salah satu contoh kereta yang masih menggunakan tenaga kuda untuk menariknya. Di Indonesia khususnya wilayah Yogyakarta, Anda pastinya sering menemukan kereta kuda yang digunakan untuk berkeliling para turis yang berkunjung dengan menikmati waktu santai untuk naik delman.

7. Untuk peternakan

Tidak hanya itu, kuda juga banyak dikembangkan untuk investasi jangka panjang yaitu diternakkan. Hal ini karena menjaga kebutuhan pemasok daging kuda yang dibutuhkan pasar.

Namun, ternak kuda tak semudah beternak hewan lain. Selain pemeliharaannya yang tak segampang ayam, kambing dan hewan yang lain. Kuda memiliki waktu yang lama untuk melakukan perkembangbiakan.

8. Untuk penghasil pupuk

Tak hanya dagingnya yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Kotoran kuda juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan bercocok tanam. Kotoran yang dihasilkan dari hewan ini dapat diolah menjadi pupuk untuk menyuburkan tanaman para petani.

Itulah manfaat hewan kuda untuk manusia yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi yang telah disajikan dapat menambah pengetahuan bagi Anda semua.

Leave a Reply

0
Scroll to Top