10 Jenis Burung Cenderawasih Tercantik Yang Ada Di Indonesia

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki aneka ragam jenis burung yang cantik dan indah. Ada banyak jenis cenderawasih yang ada di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Burung Cenderawasih contohnya, burung ini berasal dari Indonesia bagian Timur. Keunikan yang dimiliki oleh burung cenderawasih ini terdapat pada bulu yang indah dan keunikannya.

Jenis Burung Cenderawasih

Burung Cenderawasih atau yang sering disebut bird of paradise merupakan burung yang memiliki bulu cantik sesuai namanya. Indonesia merupakan negara yang memiliki jenis terbanyak dalam spesies. Jenis cenderawasih yang ada di Indonesia tentunya memiliki beragam perbedaan dari setiap jenis burung tersebut. Berikut ini merupakan ragam jenis burung Cenderawasih yang ada di Indonesia.

1. Cenderawasih Raggiana / Raggiana Bird of Paradise

Jenis burung ini memiliki ciri-ciri bulu yang berwarna merah – coklat keabu-abuan, mata kuning dan kaki coklat keabuan. Dengan ukuran yang sedang yaitu 34 cm postur tubuh burung betina lebih kecil dibandingkan dengan jantan dan berwarna coklat. Sedangkan jantan memiliki warna kuning pada kepalanya dan di tenggorokan berwarna hijau.

2. Cenderawasih Kuning Kecil / Lesser Bird of Paradise

Jenis burung ini berukuran 32 cm dengan warna badan merah kecoklatan dan punggung berwarna perpaduan kuning dan coklat.

Burung jantan memiliki bulu hijau yang ada di tenggorokan, sedangkan burung betina memiliki warna kepala coklat dan dibagian dadanya berwarna putih. Cenderawasih Kuning kecil ini suka memakan buah-buahan dan serangga.

3. Cenderawasih Panji / King of Saxony Bird of Paradise

Jenis cenderawasih ini memiliki ciri khas yaitu adanya bulu kepala pada burung jantan yang sudah dewasa. Ciri fisik pada burung jantan dan betina sangat berbeda jauh.

Burung jantan memiliki warna bulu hitam dengan warna kuning yang berada dibagian dada, perut dan ketiak serta ukuran tubuh yang kecil. Sedangkan burung betina memiliki bulu berwarna keabu-abuan dan penutup ekor berwarna kuning dan orange yang lebih mirip burung penghisap madu.

4. Cenderawasih Merah / Red Bird of Paradise

Burung ini memiliki ukuran yang sedang sekitar 33 cm dengan bulu yang berwarna merah dan berparuh warna kuning. Cenderawasih merah ini mudah dikenali dengan bulu muka yang berwarna hijau zamrud gelap dan terdapat di ekornya dua buah tali berwarna hitam. Jenis burung ini dapat anda temui Raja Empat – Papua.

5. Cenderawasih Goldi / Goldie’s Bird of Paradise

Jenis burung yang merupakan endemik di Papua Nugini ini memiliki ukuran 33 cm. warna bulu pada burung jenis ini adalah coklat zaitun dan memiliki perpaduan warna-warna lembut seperti bagian dada yang berwarna abu-abu lavender. Makanan utama burung ini yaitu jenis buah-buahan.

6. Cenderawasih Botak / Wilson’s Bird of Paradise

Jenis burung ini memiliki ukuran yang kecil dengan panjang sekitar 21 cm. Ciri-ciri yang dapat diketahui yaitu pada burung jantan memiliki bulu berwarna merah dan hitam dengan tengkuk kuning, kaki yang berwarna biru serta terdapat ekor yang melingkar berwarna ungu. Jenis burung ini hanya akan Anda temukan di pulau Wigeo dan Bantata di Kabupaten Raja Empat.

7. Cenderawasih Gagak / Paradise Crow

Burung cenderawasih jenis ini memang mirip gagak yang berukuran 34 cm. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari jantan dan betina selain ukuran yang berbeda. Burung betina memiliki ukuran yang lebih besar dengan bulu gelap yang lembut bagai sutra dan berparuh hitam. Burung ini memiliki suara panggilan yang mirip seperti gonggongan anjing.

8. Cenderawasih Mati Kawat / Twelve-wired Bird of Paradise

Burung ini memiliki ciri-ciri fisik yaitu berwarna hitam bludru dan kuning dengan panjang 33 cm. Keindahan yang dimiliki oleh jenis cenderawasih ini tidak kalah dengan cenderawasih yang lainnya. memiliki ciri khas yang mencolok pada bagian belakang burung yang memiliki dua belas filamen kehitam-hitaman yang mirip seperti kawat.

9. Cenderawasih Kerah / Superb Bird of Paradise

Jenis burung ini memiliki panjang 26 cm dengan ukuran cukup kecil dibandingkan dengan jenis cenderawasih lainnya. Populasi burung ini dinilai cukup rendah salah satu faktornya yaitu burung ini sangat plin-plan dalam memilih pasangan.

Sang betina sangat pemilih dalam menentukan pejantan yang akan dikawini. Lucunya, sang betina menolak sekitar 15-20 pejantan dan baru bersedia kawin dengan jantan pilihannya.

10. Astrapia Ekor Pita / Ribbon tailed Adtrapia

Ciri khas yang mencolok pada jenis cenderawasih ini yaitu ekor pita yang panjang hingga satu meter berwarna putih. Burung betina memiliki warna coklat dan jantan memiliki warna hitam kombinasi dengan hijau. Astrapia Ekor Pita termasuk jenis cenderawasih yang sudah masuk dalam daftar hewan yang sudah langka.

Itulah jenis cenderawasih yang ada di Indonesia. Indonesia memiliki keberagaman fauna yang harus dijaga supaya tidak punah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top