10 Cara Melebatkan Bulu Kucing Yang Mudah dan Praktis

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak peminatnya. Di Indonesia hampir di setiap rumah memiliki hewan peliharaan yaitu kucing. Memiliki kucing yang sehat dan memiliki bulu yang lebat merupakan dambaan semua orang. Banyak faktor yang dapat memengaruhi lebatnya bulu yang dimiliki oleh kucing. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara melebatkan bulu kucing dengan tepat dan praktis.

Melebatkan Bulu Kucing star farm

Cara Melebatkan Bulu Pada Kucing

Memiliki kucing peliharaan yang indah dan manis dilihat merupakan keinginan bagi setiap orang yang memiliki kucing. Apalagi memiliki kucing yang kesehatan dan bulu yang terawat. Cara melebatkan bulu kucing harus dengan memberikan perawatan yang tepat. Berikut ini beberapa tips membuat bulu kucing Anda menjadi lebat.

1. Memperhatikan makanan kucing

Memberikan makanan yang terbaik pada kucing merupakan hal yang harus dilakukan bagi pemilik kucing. Dengan memperhatikan setiap gizi yang diberikan kepada kucing dapat menjaga kesehatan pada kucing tersebut.

Dengan memperhatikan makanan yang diberikan kepada kucing dapat membuat bulu pada kucing semakin lebat dan sehat. Hal ini karena pemberian nutrisi yang baik sangat berpengaruh bagi kesehatan kucing.

2. Memandikan kucing

Memandikan kucing dengan rajin dapat membuat bulu kucing semakin indah, lebat dan sehat. Selain itu juga dapat membersihkan kotoran yang menempel pada bulu kucing, sehingga segala bentuk parasit yang menyebabkan kerontokan pada bulu kucing lenyap seketika.

Selain itu, produk yang harus digunakan untuk memandikan kucing juga harus diperhatikan. Tak boleh sembarang shampo yang digunakan untuk merawat bulu pada kucing. Anda perlu memilih jenis shampo kucing yang sesuai dengan kebutuhan dan yang sudah dilengkapi conditioner agar melembutkan bulu pada kucing.

Setelah memandikan kucing anda juga harus mengeringkan bulu kucing hingga benar-benar kering. Hal ini supaya bulu kucing bersih sempurna dan tidak kotor kembali.

3. Mengetahui alergi pada kucing

Alergi dapat menjadi masalah yang serius jika kita tidak cepat menyadarinya. Salah satu penyebab kerontokan pada bulu kucing yaitu alergi yang diderita oleh kucing. Anda harus rutin memeriksakan kucing ke dokter hewan agar kucing terhindar dari alergi.

4. Memberi kuning telur

Cara melebatkan bulu kucing selanjutnya yaitu memberikan makanan tambahan kuning telur yang sudah matang kepada kucing Anda. Kuning telur memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan pada kucing sehingga bulu kucing tetap lebat dan anti rontok.

Namun, Anda tidak boleh memberikan putih telur kepada kucing. Hal ini karena dapat mengurangi kandungan vitamin B untuk pertumbuhan kucing dan berdampak pada kesehatan bulu kucing.

5. Memberi minyak ikan

Selain memberikan kuning telur, Anda juga harus memberikan minyak ikan pada kucing peliharaan. Manfaat dari minyak ikan yaitu untuk membantu menjaga kesehatan pada bulu kucing karena minyak ikan merupakan suplemen tambahan untuk kucing.

6. Memberi vitamin dan mineral

Tidak kalah penting untuk melebatkan bulu kucing Anda yaitu memberikan vitamin dan mineral yang cukup. Vitamin dapat membantu merawat bulu kucing dan mencegah dari kerontokan. Anda dapat membeli vitamin untuk kucing di petshop atau dokter hewan langganan Anda.

7. Menjemur kucing

Berjemur di pagi hari tidak hanya bagus bagi manusia melainkan bagi kucing juga. Sinar matahari sangat bagus karena menjadi sumber vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang. Menjemur kucing cukup 15 menit setiap harinya. Hal ini dilakukan dapat meminimalisir resiko stres yang diderita oleh kucing.

8. Menyisir bulu dengan rutin

Menyisir bulu pada kucing secara rutin merupakan salah satu bentuk perawatan untuk kesehatan kucing. Hal ini harus Anda lakukan untuk meregenerasi bulu pada kucing.

Selain itu, menyisir rambut merupakan cara rileksasi kucing untuk menghindari stres. Dengan disisir, kucing merasa seperti dipijat dan dapat menghilangkan parasit yang menempel pada bulu yang kusut.

9. Meminimalisir kucing stres

Stres yang dialami oleh kucing ternyata sangat berpengaruh bagi kesehatannya. Salah satu gejala stres yang dialami oleh kucing yaitu rontoknya bulu. Anda perlu mengetahui penyebab stres yang dialami oleh kucing Anda. Jika kerontokan yang terjadi semakin hebat Anda harus segera membawa kucing tersebut ke dokter hewan.

10. Menjaga lingkungan tempat tinggal

Menjaga kebersihan tempat tinggal merupakan cara agar kucing Anda terjaga kesehatannya. Jika lingkungan kotor, resiko kucing Anda terserang penyakit sangat besar. Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkan kandang kucing minimal seminggu sekali. Jika keadaan kandang bersih maka kucing Anda akan terawat dan tumbuh dengan baik.

Itulah cara melebatkan bulu kucing yang praktis dan tidak ribet. Anda dapat mencoba cara di atas untuk merawat dan melebatkan bulu kucing peliharaan anda di rumah. Semoga informasi yang telah disajikan dapat menambah pengetahuan bagi Anda semua.

Leave a Reply

0
Scroll to Top