Manfaat Gamal, Pakan Ternak yang Ampuh Obati Berbagai Penyakit

Kenalkah Anda dengan pohon gamal? Nama pohon gamal mungkin masih belum familiar terdengar di masyarakat kita karena umumnya orang menyebut tumbuhan ini dengan nama kleresede. Ternyata nama gamal ini berasal dari singkatan “ganyang Mati Alang-alang” karena tumbuhan ini dapat mematikan tanaman pengganggu jenis alang-alang. Hal ini karena tanaman gamal mengeluarkan zat yang mematikan akar dari tanaman alang-alang. Di pedesaan tanaman perdu ini banyak digunakan sebagai pakan ternak, pagar hidup atau pembatas lahan. Lalu, apa sajakah manfaat gamal?

Manfaat Tanaman Gamal

Siapa yang menyangka bila ternyata pohon yang biasanya hanya digunakan untuk pakan ternak ini berguna juga untuk menyembuhkan penyakit. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman gamal ini adalah sebagai berikut ini :

1. Menyembuhkan penyakit kulit

Jika Anda terkena gangguan masalah kulit dan jamur, jangan ragu untuk menggunakan gamal sebagai solusinya. Tumbuhan ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mematikan jamur. Caranya adalah dengan menggunakan bagian daun, kulit dan akar pohon yang ditumbuk hingga halus dan ditambahkan air. Balurkan di daerah kulit yang bermasalah hingga 10 menit untuk mengatasinya.

2. Mengobati sakit kuning

Bagi orang penderita sakit kuning, gamal bisa dijadikan solusi pengobatan agar organ hati dapat bekerja secara normal dan optimal mengeluarkan racun dari tubuh. Cara membuat ramuannya adalah dengan menghaluskan daun gamal dan dicampur menggunakan air kelapa hijau. Saring ramuan tersebut dan tambahkan dengan madu secukupnya. Minumlah 2 kali sehari di pagi dan sore hari agar hasilnya maksimal.

3. Menghilangkan flek hitam

Memiliki kulit dengan flek hitam tentu saja dapat menurunkan rasa percaya diri. Namun jangan khawatir karena Anda dapat mengatasinya dengan tanaman gamal ini. Cara membuat ramuannya sangat mudah yaitu dengan mencuci daunnya dan menghaluskannya. Oleskan ke wajah seperti menggunakan masker dan tunggu hingga 10 menit sebelum dibersihkan.

4. Mengobati sakit mata

Mata belekan adalah penyakit yang sangat tidak nyaman, mengganggu dan mudah menular. Oleh karena itu segeralah mengobatinya dengan menggunakan obat herbal dari tanaman gamal. Caranya adalah dengan memotong bagian akar atau batang tanaman di saat pagi hari dan biarkan airnya menetes untuk dijadikan obat.

5. Menambah asupan mineral dan vitamin

Ternyata pohon gamal ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya dapat mengatasi masalah penyakit yang berhubungan dengan penglihatan. Selain itu terdapat vitamin B1 yang dapat mengobati beri-beri, vitamin C yang mengobati pendarahan di gusi. Kandungan lainnya berupa zat besi untuk mengatasi anemia dan juga kalsium yang mencegah osteoporosis.

Ternyata tanaman gamal ini memang kaya manfaat dan dapat menyembuhkan banyak penyakit. Semoga pengetahuan mengenai manfaat gamal ini dapat membantu Anda dalam mengatasi penyakit yang diderita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top