Bernilai Tinggi, Begini Cara Budidaya Pohon Mahoni!

Pohon mahoni atau Swietenia mahagoni merupakan jenis tanaman pohon kayu dari pulau-pulau di Karibia atau Florida Selatan. Ciri khas dari pohon ini adalah ketinggiannya yang bisa mencapai sekitar 30 meter dengan daun yang lebar dan menyirip. Mahoni memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena dianggap memiliki kualitas kayu terbaik dalam dunia furniture.

Kayu mahoni juga terkenal karena daya tahan, keindahan kayunya, dan mudah dibentuk. Selain kayunya, biji mahoni juga terkenal karena bermanfaat bagi kesehatan, seperti mencegah penyakit jantung, mengatasi kram, alergi, memperlancar peredaran darah, dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik untuk menanam pohon mahoni, simak cara budidaya pohon mahoni di bawah ini!

cara-budidaya-pohon-mahoni-star-farm

Cara Menanam Pohon Mahoni

Dengan manfaatnya yang berlimpah, tak heran jika pohon mahoni menjadi primadona dalam dunia logging. Untuk mengetahui bagaimana cara budidaya pohon mahoni, yuk simak beberapa uraian berikut:

1. Pemilihan Benih

Benih pohon mahoni biasanya bisa didapatkan dari biji yang berasal dari buah mahoni matang. Buah yang matang sendiri ditandai dengan warna kulitnya yang sudah menjadi coklat tua. Pastikan Anda mengambil biji dari pohon uang berkualitas sehat dan baik.

2. Penanaman

Penanaman pertama menggunakan tanah yang dicampur dengan pasir dengan perbandingan 2:1. Tanamlah menggunakan polybag dan letakkan pada tempat yang teduh dan hangat. Saat penanaman, Anda juga perlu menyirami saat tanah dan pasirnya terlihat kering

3. Penyapihan

Setelah berumur 10-20 hari dan sudah mulai muncul daun, pindahkan pada polybag yang lebih besar lagi. Namun, komposisi media taman diganti dengan campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan 2:7:1.

4. Perawatan

Pada proses perawatan, ada tiga hal yang harus dilakukan secara berkala, yaitu penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan pohon muda. Penyiraman dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu agar tanah tetap gembur. Sedangkan pemupukan berkala, bermanfaat agar pohon tumbuh dengan kokoh dan kuat. Saat umur pohon sudah mencapai 2-8 tahun, lakukan terus pemangkasan yang pada daun yang terjangkit hama. Pada saat itu pula Anda bisa memindahkan pohon ke lahan yang luas.

5. Pemanfaatan

Pohon mahoni dapat dimanfaatkan setelah berumur 10 tahun dimana kayu sudah bisa ditebang.

Itulah beberapa cara penanaman pohon mahoni yang bisa Anda lakukan sendiri. Menanam pohon mahoni memang perlu kesabaran, namun hasilnya akan sangat memuaskan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top