Tak Banyak yang Tahu, Ini Dia Beragam Manfaat Tanaman Lamtoro

Lamtoro atau petai cina memang sering kali digunakan untuk pakan hewan ternak di berbagai pedesaan. Lamtoro biasanya dijadikan pakan hijauan atau pakan campuran yang disenangi oleh ternak karena kandungannya. Meskipun begitu, banyak orang yang masih belum mengetahui, bahwa lamtoro tidak hanya ampuh dijadikan sebagai pakan. Lamtoro nyatanya juga bermanfaat bagi kesehatan manusia, untuk mengetahui lengkapnya yuk simak manfaat lamtoro.

manfaat-lamtoro-star-farm

Manfaat Tanaman Lamtoro

Ada beberapa kandungan dari lamtoro yang sangat bermanfaat bagi hewan ternak maupun bagi manusia, antar lain:

1. Mengatasi Cacingan

Pada manusia, mengonsumsi lamtoro bisa mengatasi keluhan cacingan. Hal tersebut karena kandungan senyawa yang terdapat pada lamtoro dipercaya dapat membunuh cacing. Pengobatan cina menggunakan biji lamtoro mentah untuk menetralisir dan mengeluarkan cacing dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan enzim pada daun lamtoro dapat memicu pembentukan kolagen dalam kulit, sehingga dapat mengatasi kulit keriput, kering, hingga kusam. Ekstrak daun lamtoro bisa dijadikan toner untuk melembabkan kulit dan mengurangi minyak berlebih.

3. Mencegah Kanker

Biji lamtoro dipercaya berkhasiat menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko pertumbuhan kanker. Anda bisa memanfaatkannya sebagai minuman maupun masakan.

4. Pereda Nyeri

Kulit pohon lamtoro nyatanya juga memiliki manfaat, yaitu untuk penghilang rasa nyeri atau analgesik. Pada berbagai metode pengobatan alami, kulit pohon lamtoro biasanya dikerat, dihancurkan, lalu dijadikan minuman. Larutan kulit pohon lamtoro bisa mengatasi nyeri otot maupun nyeri menstruasi.

4. Untuk Pertumbuhan Ternak

Lamtoro memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah, seperti protein kasar yang mencapai 34 persen, serat kasar 18 persen, hingga lemak kasar yang berkisar 5,8 persen. Tak hanya itu, baik daun dan polong lamtoro ini masing-masing mengandung protein kasar sebesar 31 persen dan 34 persen. Dengan kandungan tersebut, lamtoro disebut sangat baik dalam memenuhi nutrisi untuk pertumbuhan ternak. Meskipun bermanfaat, pemberian lamtoro sebagai pakan harus dikeringkan atau dilayukan terlebih dahulu karena kandungan mimosin yang berisiko meracuni.

Demikianlah beberapa manfaat lamtoro baik bagi manusia maupun ternak. Bagaimana, Anda tertarik untuk memanfaatkan lamtoro?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top