fbpx

Bisa Jadi Pengganti Daging Sapi, Ketahui Manfaat Daging Kalkun yang Kaya Mineral!

Di bawah ini ada dijelaskan beberapa manfaat daging kalkun yang masih jarang diketahui orang.

Kalkun merupakan salah satu jenis unggas yang dagingnya umum dikonsumsi, terutama dalam acara-acara tertentu. Daging kalkun dapat dijadikan alternatif dari daging sapi. Amerika Serikat merupakan produsen daging kalkun terbesar di dunia, tidak heran jika mereka selalu akan mengonsumsinya saat merayakan Hari Thanksgiving maupun Natal.

Apa Saja Manfaat Daging Kalkun Bagi Tubuh

Daging kalkun memiliki nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti 135 kalori, 24,70 gram protein, dan 3,26 gram lemak. Kalkun juga cenderung mengandung lebih banyak vitamin dan mineral. Kalkun mengandung asam amino triptofan dan mitosnya kandungan inilah yang membuat orang-orang cepat mengantuk. Faktanya, semua daging memang mengandung triptofan, tetapi hanya mengonsumsi kalkun tidak akan membuat seseorang sampai mengantuk.

Selain nutrisi di atas, berikut beberapa khasiat daging kalkun yang dilansir berbagai sumber.

1. Kaya Protein

Kalkun adalah sumber protein, niasin, vitamin B6 dan asam amino triptofan yang sangat kaya. Terlepas dari nutrisi ini, juga mengandung seng dan vitamin B12. Daging putih kalkun tanpa kulit rendah lemak dan merupakan sumber protein tinggi.

2. Punya Zat Anti Kanker

Daging kalkun juga mengandung sifat anti-kanker. Ini adalah sumber yang sangat baik dari trace mineral selenium, yang merupakan komponen penting yang diperlukan untuk metabolisme hormon tiroid, sistem pertahanan antioksidan, dan fungsi kekebalan tubuh. Studi ilmiah telah menyarankan bahwa asupan selenium dapat menurunkan risiko kanker.

3. Rendah kolesterol

Manfaat daging kalkun panggang tanpa kulit rendah lemak jenuh dan lemak total. Ini juga mengandung lebih sedikit kolesterol daripada ayam, babi atau sapi.

4. Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Hebatnya, daging unggas satu ini diyakini memiliki sifat penambah suasana hati. Ini mengandung triptofan, yang menghasilkan serotonin neurotransmitter yang membantu meningkatkan suasana hati Anda. Triptofan juga memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, seperti yang disarankan oleh bukti ilmiah.

5. Menambah Energi Tubuh

Vitamin B6 dan niasin yang ada di kalkun sangat penting untuk produksi energi dalam tubuh. Niasin juga penting untuk mengubah protein, lemak, dan karbohidrat dalam tubuh menjadi energi yang dapat digunakan.

Niasin pada kalkun juga membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik), dan mengurangi kolesterol LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

6. Sumber Vitamin B6

Menjadi sumber kaya vitamin B6, kalkun memfasilitasi sumbangan metil dalam proses seluler dasar ‘metilasi’. Melalui proses ini, metil dipindahkan dari satu molekul ke molekul lain yang menghasilkan pembentukan berbagai molekul aktif yang penting bagi tubuh.

7. Rendah Lemak

Bagi Anda yang memperhatikan asupan lemak, manfaat daging kalkun putih (tanpa kulit) lebih baik. Sebab, kandungan lemak lebih banyak terdapat di kulit kalkun. Dada kalkun diketahui memiliki sedikit lemak dan kalori daripada kebanyakan potongan daging lainnya.

8. Kaya Vitamin B12

Kalkun disebut sebagai sumber Vitamin B12 yang sangat baik, yang membantu mencegah penumpukan homocysteine, asam amino yang dapat menurunkan fungsi kognitif.

9. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Mengonsumsi daging kalkun bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dari konsumsi daging merah. Sebab, beberapa studi observasi menemukan adanya hubungan antara daging merah dengan peningkatan risiko kanker usus besar dan penyakit jantung.

Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan. Produk kalkun olahan dapat mengandung sodium yang sangat tinggi sehingga akan berbahaya bagi kesehatan.

Banyak daging olahan dibuat dengan natrium nitrit. Jika kandungan bergabung dengan amina yang secara alami ada dalam daging dan membentuk senyawa N-nitroso, yang dikenal sebagai karsinogen. Tetapi jika Anda mengolahnya sendiri, maka tidak perlu begitu dikhawatirkan.

Sekarang sudah tahu kan kalau manfaat daging kalkun itu banyak sekali. Selain rasanya lezat, daging hewan ini menyehatkan bagi tubuh.

Leave a Reply

0
Scroll to Top