10 Cara Memelihara Kucing Persia Dengan Baik, Yuk Simak

Salah satu jenis kucing yang sering dipelihara ialah persia. Ras kucing ini memiliki ciri khusus bulunya panjang. Lalu, hewan ini memiliki tubuh gemuk, tambun dan besar. Wajahnya berbentuk bulat dan hidungnya pesek. Selain itu, binatang imut ini memiliki sifat pendiam, lembut dan manja. Hal tersebut membuat banyak orang menyukainya. Bila Anda termasuk penyuka kucing persia, sebaiknya anda pahami cara memelihara kucing persia dengan benar.

Cara Merawat Kucing Persia Bagi Pemula

Memang butuh kocek lumayan dalam untuk memelihara kucing persia. Sebab ada beberapa perawatan yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah langkah memelihara kucing persia:

1. Rawatlah bulunya dengan baik

Salah satu hal istimewa yang dimiliki oleh kucing persia ialah bulunya yang lebat dan panjang. Setiap hari bulu tersebut perlu disisir supaya tetap lembut. Caranya ialah bisa menggunakan sikat bulu yang terbuat dari  bahan logam. Jangan gunakan sisir yang terlalu rapat supaya tidak melukai kulitnya.

2. Perhatikan Tempat Makan dan Minumnya

Bentuk wajah binatang ini datar dengan lidah pendek. Oleh sebab itu, sebaiknya siapkan wadah makan dan minum yang berbentuk datar. Ini akan memudahkannya untuk makan dan minum. Wadah yang terbuat dari logam sangat bagus karena bisa dibersihkan dengan mudah.

3. Siapkan Pasir

Cara memelihara kucing persia ialah sediakan pasir dalam kotak. Pasir berguna sebagai tempat untuk buang air besar ataupun kecil. Pilihlah pasir dengan butiran agak besar dan memiliki aroma wangi. Lalu, jangan lupa ganti pasir tersebut setidaknya 2 sampai 3 kali sehari.

4. Mandikan Secara Rutin

Berapakah waktu ideal kucing persia mandi? Jawabannya ialah seminggu sekali. Untuk memandikannya ialah mulai bersihkan dari bagian pantat terlebih dahulu. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang melekat pada badannya.

Setelah itu, lanjut ke bagian tubuh dan kaki. Bersihkan juga bagian telapak kakinya karena bagian ini kemungkinan sering terkena kotoran. Lalu, usap wajahnya. Hati-hati jangan sampai ada air yang masuk ke telinganya.

5. Jaga Kebersihan Hidung dan Telinga

Anda bisa menjaga kesehatannya dengan memperhatikan kebersihan hidung dan telinga. Mungkin Anda sering melihat binatang ini membersihkan sendiri tubuhnya. Tapi, tidak semua bagian tubuh bisa dijangkau termasuk hidung dan telinga. Anda bisa menggunakan kapas atau cotton bud untuk membersihkannya.

6. Bersihkan Mata Kucing Persia

Membersihkan mata kucing seringkali diabaikan oleh seseorang. Padahal, hal ini sangat penting. Jika mata memproduksi air mata berlebih, maka bisa memicu adanya penyakit iritasi ataupun flu.

Cara membersihkannya ialah gunakan tisu atau kain lembut untuk  menyeka matanya. Bisa juga sesekali meneteskan obat tetes mata khusus kucing.

7. Beri Makanan Bergizi

Kucing juga perlu diberikan makanan bergizi guna menunjang pertumbuhannya. Berikan makanan dengan protein tinggi seperti ikan dan ayam. Makanan berkarbohidrat tinggi sebaiknya dihindari.

8. Bersihkan Kandang

Membersihkan kandang menjadi salah satu cara memelihara kucing persia yang tak boleh diabaikan. Kandang yang bersih dapat mendukung kesehatan kucing persia. Hewan ini termasuk tipe suka bermain di mana saja. Jadi, bila area kandang kotor, bisa saja kotoran menempel di tubuhnya.

9. Berikan Vaksin

Pemberian vaksin perlu dilakukan supaya memiliki daya tahan tubuh bagus. Dengan begitu, binatang ini tidak mudah terserang penyakit. Silahkan bawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk melakukan vaksinasi.

10. Ajak Kucing Bermain

Salah satu karakter kucing jenis persia ialah sangat sayang terhadap pemiliknya. Cobalah untuk mengajaknya bermain sesering mungkin. Ini berguna untuk melatih kelincahannya.

Selain itu, juga bisa mempererat hubungan Anda dengannya. Selain bermain di dalam rumah, Anda bisa sesekali mengajaknya bermain di luar rumah supaya tidak bosan.

Itulah cara memelihara kucing persia yang perlu diperhatikan. Bila semua hal tersebut dilakukan, Anda akan memiliki kucing yang sehat, lucu dan lincah. Semoga bermanfaat ya, cat lovers.

Leave a Reply

0
Scroll to Top