fbpx

9 Cara Merawat Marmut yang Baik dan Benar

Yuk simak beberapa hal dasar dalam merawat marmut.

Marmut menjadi salah satu peliharaan yang menggemaskan karena tubuhnya mungil dan wajahnya yang lucu. Hewan pengerat yang satu ini bahkan memiliki tubuh yang lebih mungil daripada kelinci, sehingga sering kali dijadikan peliharaan di rumah. Apabila Anda tertarik memelihara marmut, maka ada beberapa cara merawat marmut yang harus diketahui.

9 Cara Merawat Marmut dengan Benar

Marmut memang hewan yang tak perlu mendapatkan perawatan khusus atau istimewa. Meskipun begitu, Anda harus tahu beberapa hal basic dengan 9 cara merawat marmut yang dengan baik berikut ini!

1. Siapkan Kandang

Cara merawat marmut yang pertama adalah dengan menyiapkan kandang yang nyaman. Kandang sendiri sangat berperan bagi pertumbuhannya karena akan menjadi tempat tidur, tempat makan, hingga tempat berkembang biak.

Jika Anda memelihara 1 marmut, siapkan kandang sebesar 0,7 meter persegi namun apabila lebih dari satu maka perlebar setiap sisi kandangnya. Pastikan kandang beralaskan lantai yang tertutup kertas, serpihan kayu, atau aspen agar jeruji kandang agar tidak menjebak kakinya.

2. Tempat Tidur Bebas Aman

Sebagai hewan pengerat, marmut sering kali menggigit sesuatu di sekitarnya. Oleh karena itu gunakan bahan-bahan aman untuk kandang dan tempat tidurnya agar hewan ini tidak mengalami keracunan. Anda bisa menggunakan kain, kardus, atau kertas bersih sebagai tempat tidur dan kandang kayu atau besi yang tidak berkarat.

3. Lokasi Kandang

Selain nyaman, lokasi penempatan kandang juga penting lho. Pastikan kandang ditempatkan pada ruangan yang beratap. Hal ini akan memberikan kesan kedekatan antara Anda dan marmut yang dipelihara, sehingga menghindarkan binatang ini dari stres.

4. Makanan

Berikan marmut makanan yang bergizi setiap harinya di mana bisa Anda beli di toko-toko pakan. Selain itu, Anda juga disarankan memberi makanan tambahan berupa sayuran hijau, seperti kangkung hingga selada. Selain sayuran hijau, berikan juga irisan buah seperti anggur atau apel untuk selingan.

5. Air Minum

Selain makanan, minuman tentu juga tak kalah penting agar marmut tidak dehidrasi. Oleh karena itu, sediakan air bersih untuk minuman marmut dengan wadah air dan tempelkan di kandang.

6. Sediakan Jerami

Tidak hanya makanan dan minuman, Anda juga perlu menyediakan jerami di kandang marmut. Jerami ini sering kali dijadikan sebagai sarang dan camilan oleh marmut.

7. Vaksinasi

Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara marmut adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksin tentu menjadi hal yang penting agar terhindar dari berbagai penyakit. Bawa hewan ini ke dokter hewan untuk mendapatkan suntikan vaksin.

8. Bersihkan Tubuh dan Bulu

Kebersihan tubuh marmut yang dipenuhi dengan bulu tentu harus Anda perhatikan. Oleh karena itu, mandikan marmut dengan lembut dengan cara mengusap-usap bulunya secara hati-hati.

Setelah memandikannya, pastikan Anda langsung mengeringkan tubuhnya agar tidak sakit. Lalu, sisirlah bulunya agar tidak kusut dan terhindar dari kutu.

9. Menjaga Kebersihan Kandang

Selain tubuh, kandang juga harus sering dibersihkan untuk menjaga kesehatan marmut. Bersihkan sela-sela dan alas kandang, pastikan tidak ada kotoran dan makanan yang tersisa. Pembersihan kandang bisa Anda lakukan seminggu sekali, namun Anda perlu sering-sering cek untuk memastikan kebersihannya.

Demikianlah beberapa cara merawat marmut yang baik dan benar. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa memberikan asupan tambahan, seperti vitamin C untuk membantu kekebalan tubuhnya. Selamat mencoba!

Baca Juga: cara mengawinkan marmut

Leave a Reply

0
Scroll to Top