Mudah Ditemukan, Ini 4 Makanan Marmut Biar Cepat Besar dan Sehat!

Marmut adalah hewan pengerat dengan tubuh kecil yang lebih mungil daripada kelinci. Dengan tubuh yang mungil, hewan ini terkadang disamakan dengan hamster. Padahal keduanya jelas berbeda. Berkat tubuh kecil dan wajah yang menggemaskan membuatnya sering dijadikan peliharaan di rumah. Meskipun termasuk hewan yang mudah dipelihara, tapi Anda tentu harus memerhatikan makanan marmut biar cepat besar. Oleh karena itu, yuk simak beberapa jenis makanan yang bisa membantu tumbuh kembang dan kesehatan hewan kecil ini.

4 Makanan Marmut Agar Cepat Besar dan Sehat

Memberikan makanan marmut agar cepat besar tentu ada trik dan tips tersendiri. Berikut ini adalah beberapa makanan yang membuatnya cepat besar dan sehat, antara lain:

1. Jerami

Sebagai hewan pengerat, tentu jerami menjadi salah satu makanan favorit marmut. Jerami sendiri akan membantu pencernaan, proses pertumbuhan dan kesehatan giginya lho.

Untuk itu, Anda bisa memberikan jerami setidaknya sehari sekali. Pilihlah jerami yang masih hijau dan lembut agar lebih mudah dicerna.

Beberapa jenis jerami yang bisa Anda gunakan, yakni: Pertama, jerami Alfafa untuk marmut hamil, menyusui, dan marmut di bawah 4 bulan. Kedua, jerami jenis brime grass, orchad, oat, bluegrass, dan meadow untuk marmut secara umum.

2. Sayuran

Untuk membantu tumbuh kembang marmut agar cepat besar, maka Anda perlu memberikan sayuran hijau, seperti bayam, sawi, kangkung, hingga brokoli.

Berikan sedikit sayuran hijau dipotong kecil dan dicampur dengan sayuran lain, seperti tomat, wortel, timun, jagung, kapri, dan lain sebagainya.

3. Pelet

Pelet bisa menjadi salah satu makanan tambahan. Meskipun begitu, jangan berikan palet terlalu banyak karena bisa membuat obesitas.

Porsi palet yang cukup adalah 1/4 atau 1/8 cangkir setiap hari. Gunakan palet yang kaya dengan kandungan nutrisi yang tepat, yaitu kaya akan vitamin C.

4. Air

Air tentu menjadi sumber nutrisi penting bagi marmut untuk menghindari dehidrasi, melancarkan pencernaan, hingga membantu menjaga kesehatan.

Sediakan secangkir air di kandangnya, selalu isi ulang air ketika habis. Jangan sampai marmut mengalami dehidrasi!

Demikianlah beberapa makanan yang bisa membantu berkembangan marmut agar sehat dan besar. Dengan memperhatikan makanan marmut biar cepat besar, tentu Anda harus sabar dan telaten. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online