Ini Dia Cara Membedakan Produk Kulit Asli dengan Produk Kulit Sintetis, Jangan sampai salah pilih !

Contoh Produk Kulit di Star Farm Store

Produk berbahan dasar kulit hewan memang selalu memiliki nilai tersendiri di mata penggemarnya, selain kesan alami yang didapat produk ini juga akan menambah kesan elegan apabila digunakan. Produk berbahan dasar kulit umumnya terbuat dari kulit sapi, kerbau, maupun domba yang diproduksi oleh pengrajin kulit sehingga menghasilkan berbagai macam aksesoris seperti jaket, sepatu, tas, ikat pinggang, dompet, topi, dan lain sebagainya.

Dengan semakin banyaknya produk kulit dengan asal usul tidak jelas yang di jual di pasaran, star friends semua harus semakin berhati-hati dalam membeli ya, ada baiknya sebelum membeli produk kulit tersebut star friends semua sudah mengetahui ciri-ciri antara produk kulit asli dengan produk kulit imitasi yang akan kami bahas secara tuntas pada artikel ini, Let’s go..

Lihat pada Label Produk

Pada produk berbahan kulit biasanya terdapat label dengan tulisan syntetic leather (kulit sintetis) atau genuine leather (kulit asli). Biasanya, star friends juga akan menemui beberapa produk kulit asli yang dituliskan dalam bentuk real leathertop/full grain leathermade with animal products. Namun, jika kamu menemukan produk yang bertuliskan manmadematerial, itu berarti produk tersebut terbuat dari kulit sintetis. Jika produk tersebut tidak terdapat label dengan tulisan itu jangan khawatir karena bisa jadi produk tersebut merupakan produk homemade dari pengrajin kulit, maka kamu harus menggunakan cara lain untuk mengujinya.

Periksa Tekstur Produk Kulit dengan Tangan

Nah cara ini termasuk acara yang praktis karena star friends tidak perlu menggunakan alat apapun. Kulit asli memiliki tekstur yang agak kasar dengan guratan-guratan alami, sedangkan produk kulit sintetis memiliki testur yang licin dan terihat rapi seperti buatan pabrik. Walaupun kulit domba juga memiliki tekstur yang lembut namun guratan alaminya tetap terlihat dan dapat dibedakan loh..

Bakar Produk Tersebut dengan Api

Selanjutnya merupakan cara yang agak ekstrim karena kalau produk tersebut rusak anda berkemungkinan besar harus membelinya, jadi kalau tidak yakin membeli lebih baik jangan dicoba yaa.. oke lanjutt, star friends mungkin belum tau kalau produk dengan bahan kulit asli tidak akan terbakar saat di bakar dengan api kecil atau korek, dan akan tercium aroma gosong alami, sedangkan produk dengan bahan kulit sintetis akan terbakar dan rusak serta menghasilkan aroma bahan pabrik yang terbakar.

Siram dengan Air

Walaupun dengan air star friend tetap harus berhati hati ya saat mengeceknya karena cara ini memiliki resiko kerusakan juga, Nah ciri-ciri produk kulit asli apabila terkena air adalah air yang disiramkan ke produk tersebut akan cepat terserap berbeda dengan produk kulit sintetis yang akan menahan air dan lambat terserap.

Cium Aromanya

Cara ini merupakan cara termudah untuk star friends coba, aroma produk kulit asli cenderung memiliki aroma alami yang sesuai dengan tempat penyamakkannya. Apabila kulit asli mengalami proses penyamakkan dengan bahan alami seperti minyak kelapa, maka akan memiliki aroma seperti minyak kelapa. Sedangkan untuk kulit sintetis, kamu akan mencium bau karet atau vynil atau bahan kimia lainnya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top