Ketahuin 5 jenis Alpukat Unggulan yang Banyak Dicari

Alpukat dibawa ke Indonesia oleh belanda pada abad ke-19. Amerika tengah merupakan tempat asal dari buah Alpukat. Buah ini sudah menjadi buah yang familiar untuk dimakan, karena bisa dibuat menjadi beberapa jenis makanan seperti dapat di jus atau dijadikan es alpukat. Bentuk buahnya seperti bulat telur dengan daging buah yang kekuningan dan tekstur yang lunak. Terdapat banyak sekali varietas dari alpukat, dari varietas-varietas tersebut ada beberapa varietas yang menjadi unggulan dan banyak dicari oleh orang.

1. Alpukat wina

Ukuran dari alpukat wina bisa mencapai 1.3-1,8 kg per buah. hal itulah yang menyebabkan alpukat wina menjadi unggulan yang sangat tersohor karena ukurannya tersebut. Selain itu, alpukat wina juga memiliki rasa yang manis dan gurih. Daging buah yang padat, tebal dan berwarna kuning ini menjadi kelebihan lain dari alpukat wina.

2. Alpukat miki

image via makarbibit.com

Berbeda dengan alpukat wina yang meemiliki ukuran besar, alpukat miki memiliki ukuran yang kecil. Dalam satu buah, berat dari alpukat miki hanya mencapai 400-600 gram. Tetapi meskipun begitu, alpukat miki tidak kalah dengan alpukat jenis lain menyangkut rasa dan daging buah.

3. Alpukat mentega

Sama seperti mentega yang berwarna kuning, alpukat mentega pun memiliki warna seperti mentega. Jenis alpukat ini cukup populer dikalangan masyarakat karena memiliki beberapa kelebihan. Daging buah yang dimilikinya juga cukup tebal dan tidak berair. Selain itu, alpukat mentega juga dapat berbuah sepanjang tahun.

image via rumahtanaman.com

4. Alpukat kendil

Alpukat kendil merupakan hasil persilangan dari alpukat Kendal dan alpukat Gunung Pati. Jenis alpukat ini masuk kedalam kualitas unggulan karena terdapat banyak kelebihan. Daging buahnya tebal, dengan rasa yang creame dan tekstur yang sangat lembut. Selain itu ukuran dari alpukat kendil juga sangat besar loh, persis seperti kendil. Rata-rata berat dari satu buah alpukat mencapai 1,7 kilogram. Jenis alpukat ini juga cenderung cepat berbuah dan dapat berbuah sepanjang tahun.

5. Alpukat aligator

Terdapat banyak kelebihan alpukat aligator dengan jenis yang lainnya. Tentu saja yang paling signifikan yaitu ukuran dan bentuknya. Alpukat aligator memiliki bentuk seperti kerucut dan memiliki bobot yang cukup besar. Rasa yang dimiliki alpukat aligator juga khas dan tidak memiliki rasa pahit. Perawatan dari alpukat aligator ini juga cukup mudah dilakukan.

Mengetahui jenis-jenis alpukat unggulan di atas tentunya bisa membuka rekomendasi dalama memilih alpukat ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top