7 Kelebihan Sangkar Kayu untuk Burung Peliharaan

Sangkar burung bisa terbuat dari macam-macam bahan, seperti besi, kayu, bambu, dan kawat. Kali ini, akan dibahas mengenai kelebihan sangkar kayu untuk burung peliharaan. Banyak orang yang suka memelihara burung, entah karena hobi atau memang dijadikan lahan penghasilan.

Dalam memelihara burung, salah satu aspek yang wajib diperhatikan adalah tentang sangkarnya. Kayu merupakan bahan yang paling populer untuk material sangkar burung. Banyak kelebihannya dibandingkan material lainnya. Yang pasti, sangkar kayu tetap aman dan bisa diandalkan untuk jadi tempat tinggal kondusif bagi burung peliharaan.

Kelebihan Sangkar Kayu untuk Burung Peliharaan

Salah memilih sangkar bisa memberikan efek yang kurang baik terhadap kesehatan mental seekor burung. Dikhawatirkan, burung akan merasa stres dan tidak nyaman ketika menggunakan sangkar yang berbeda. Oleh sebab itu, banyak penghobi burung yang memilih menggunakan sangkar kayu dibandingkan dengan material lainnya. Sangkar kayu lebih populer dan hampir digunakan oleh semua penghobi atau peternak burung.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan sangkar kayu untuk burung peliharaan, diantaranya adalah :

1. Mudah Didapatkan

Kayu merupakan material yang sangat mudah didapatkan. Karenanya, sangkar burung berbahan kayu juga mudah didapatkan di sekitar kita. Ada banyak pengrajin yang memproduksi sangkar burung kayu dengan berbagai model, ukuran dan kualitas kayu. Tergantung dari kita ingin memilih sangkar burung yang seperti apa.

2. Harga Terjangkau

Karena stoknya cukup banyak, harga sangkar burung kayu juga relatif murah dan lebih terjangkau dibandingkan dengan material lainnya. Anda bisa mengganti sangkar yang dirasa kurang pas atau kurang nyaman dengan mudah dan tanpa harus pikir panjang. Tentu saja, hal ini dikarenakan harga sangkar kayu yang cukup murah di pasaran.

3. Lebih Ringan

Sangkar burung yang terbuat dari kayu memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan sangkar dari besi atau bahan lain. Itulah mengapa terkadang peternak burung bisa dengan mudah membawa burung sekaligus dengan sangkarnya ke mana-mana.

4. Tidak Mudah Berkarat

Kelebihan sangkar kayu untuk burung peliharaan yang cukup penting untuk diketahui adalah bahwa jenis sangkar ini tidak berkarat. Untuk itu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kesehatan burung peliharaan. Beda dengan material dari besi yang mudah sekali mengalami karat sehingga membahayakan kesehatan burung jika termakan karatnya.

5. Mudah Diperbaiki

Terkadang, jatuh atau terhimpit benda keras adalah sesuatu hal yang biasa dan hal ini bisa membuat sangkar kayu menjadi rusak. Karenanya, Sangkar burung yang terbuat dari kayu cukup mudah untuk diperbaiki.

6. Lebih Artistik

Anda mungkin sering melihat aneka ragam sangkar burung yang cantik dan menarik. Sebagian besar sangkar burung yang unik ini terbuat dari bahan kayu. Ini karena kayu merupakan bahan yang mudah diolah dan dibentuk-bentuk. Banyak sangkar burung kayu yang bentuknya artistik dan lebih indah dibandingkan dengan bahan lainnya. Inilah salah satu alasan yang membuat sangkar kayu lebih populer dan diminati.

7. Tidak Mengelupas

Sangkar burung kayu tidak akan mudah mengelupas catnya meskipun sering terkena panas dan air. Material kayu bisa dikatakan sebagai bahan yang cukup tahan dengan proses pewarnaan dan bisa mempertahankannya dalam waktu cukup lama.

Itulah 7 kelebihan sangkar kayu untuk burung peliharaan yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, kenyamanan burung untuk tinggal di dalam sangkar adalah tujuan utama pemilihan material sangkar burung. Meskipun tidak selalu berbahan kayu, selama burung nyaman dan tenang, material lain pun tidak menjadi masalah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top