Kambing Sirli, Salah Satu Kekayaan Ternak Negara Pakistan

Satu lagi jenis kambing yang diketahui berasal dari negara Pakistan yaitu kambing Sirli. Kambing yang satu ini merupakan satu dari banyak trah kambing yang berasal dari negara ini. Kambing jenis Sirli ini banyak ditemukan di daerah pegunungan bagian barat laut Pakistan. Mereka hidup dengan bebas di alam liar dan sebagian dipelihara oleh masyarakat sekitar. Penasaran lebih jauh tentang kambing ini? Yuk simak info singkat berikut ini.

Informasi Seputar Kambing Sirli

Kambing Sirli merupakan jenis kambing lokal yang banyak ditemui di negara Pakistan. Negara ini memang menjadi salah satu negara di dunia penyumbang trah kambing yang cukup banyak di dunia.

Kambing yang satu ini hidup dengan subur dan berkembang dengan baik di pegunungan. Sebagian besar, mereka hidup secara liar dan sebagian lainnya diternakkan oleh masyarakat. Keberadaan kambing ini cukup memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar.

Kambing bertubuh sedang ini bisa menghasilkan daging dan bulu untuk manusia. Mereka menjadi salah satu hewan yang dikonsumsi dalam jumlah besar. Selain itu, bulu yang dihasilkan pun tidak terlalu mengecewakan.

Kambing ini bisa memiliki bulu sepanjang 25 cm saat beranjak dewasa. Cukup panjang jika dibandingkan dengan bulu domba pada umumnya. Warnanya putih bersih dan lembut. Sangat cocok untuk pergunakan sebagai bahan mantel yang tebal.

Bulu panjang kambing ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Banyak masyarakat yang mencoba menjinakkan kambing-kambing liar untuk dijadikan hewan ternak penghasil bulu. Dalam jangka waktu satu tahun, kambing ini mampu menghasilkan bulu lebih dari 2 kg.

Kambing Sirli tergolong sebagai kambing berukuran sedang. Tubuhnya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu mungil. Berat badan kambing dewasa hanya berkisar antara 35 sampai dengan 40 kg untuk jenis kambing jantan.

Salah satu ciri yang membuat kambing ini mudah dikenali selain bulu panjangnya adalah dari tanduk dan telinganya. Kambing ini memiliki tanduk yang berukuran kecil dengan sepasang telinga pendek yang berdiri tegak.

Selain dimanfaatkan bulu tubuhnya, kambing ini juga dimanfaatkan dagingnya. Kambing yang satu ini memiliki karkas daging yang cukup banyak. Cita rasa dagingnya pun tidak kalah dengan kambing pedaging unggulan lainnya.

Macam-macam Kambing Pakistan

Pakistan merupakan salah satu negara dengan jumlah ternak cukup besar di dunia. Peternakan adalah industri perekonomian dengan porsi paling besar di negara ini. Setidaknya ada sekitar 35 juta orang yang bekerja di bidang peternakan.

Hewan ternak yang paling banyak dijumpai di Pakistan adalah kambing dengan prosentasi terbesar dibanding ternak lainnya. Jumlah hewan ternak yang satu ini mencapai 78,2 juta ekor berdasarkan data sensus pada awal tahun 2020.

Selain kambing Sirli, negara ini memiliki puluhan jenis kambing lokal yang berkembang di sini. Kambing ini adalah jenis lokal yang berkembang secara alami. Berikut ini adalah beberapa jenis kambing yang bisa ditemui yaitu :

  • Kambing Dera din Panah
  • Kambing Damani
  • Kambing Barbari
  • Kambing Gaddi
  • Kambing Beetal
  • Kambing Nachi
  • Kambing Teddy
  • Kambing Jattan
  • Kambing Kacchan
  • Kambing Kamori
  • Kambing Kurri
  • Kambing Pateri
  • Kambing Lati atau Salt Range

Peternakan memang merupakan sumber mata pencaharian terbesar masyarakat Pakistan. Selain keragaman hewan ternak yang cukup bervariasi, kondisi lingkungan negara ini juga cukup mendukung. Itulah mengapa jenis kambing lokal seperti kambing Sirli dan lain sebagainya bisa berkembang dengan subur di negara ini.

Leave a Reply

0
Scroll to Top