3 Cara Membuat Durian Rajin Berbuah di Luar Musim dengan Maksimal

Durian lazimnya berbuah hanya sekali dalam setahun sesuai musimnya. Namun, tahukah Anda ada cara membuat durian rajin berbuah di luar musim. Anda tidak lagi harus menunggu musim durian untuk bisa menikmati buah yang lezat ini.

Proses pertumbuhannya dipercepat dan direkayasa sehingga pohon durian akan menghasilkan buah sepanjang tahun. Ikuti cara berikut ini karena sangat cocok bagi Anda yang memiliki pohon durian di rumah atau usaha perkebunan durian.

Cara Membuat Durian Rajin Berbuah di Luar Musim dengan ZPT

Cara membuat durian rajin berbuah di luar musim tidak dilakukan dengan menggeser atau memajukan musim berbuahnya.
Namun, dilakukan dengan mempercepat datangnya dan memperlambat selesainya masa berbuah durian. Dengan demikian, pohon durian akan menghasilkan buah lebih lama dan panjang dari musim sesungguhnya.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatur supaya tanaman ini bisa berbuah dengan cepat yaitu dengan menggunakan ZPT atau zat pengatur tumbuh. Pemberian ZPT dengan cara tertentu akan merangsang dan mengubah alur pertumbuhan terhadap sel-sel tanaman.

Ada banyak jenis ZPT yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi durian. Berikut ini adalah cara membuat durian rajin berbuah di luar musim dengan menggunakan macam-macam ZPT. Diantaranya adalah :

1. Menggunakan Auksin

Auksin sejatinya adalah hormon alami yang ada di ujung batang dan berfungsi untuk mengatur pembesaran sel. Hormon ini berperan penting untuk pertumbuhan tanaman terutama batang, daun, bunga dan buah.

Sekarang ini sudah tersedia auksin rekayasa dari bahan kimia yang memiliki fungsi serupa. Hanya saja, ZPT ini belum diperdagangkan secara umum dan harganya juga lumayan mahal. Pemakaian auksin kimiawi biasanya dilakukan dalam dosis kecil.

Auksin yang diaplikasikan pada tanaman durian akan bersifat merangsang pertumbuhannya. Zat ini juga akan mengatur pengeluaran hormon lain. Dengan auksin, pertumbuhan dan kemunculan bunga durian bisa dipercepat, proses pematangan buah juga semakin cepat.

2. Menggunakan Natrium NAA

Bahan kimia yang satu ini juga dikenal dengan nama Asam Naftali Asetat. Berfungsi untuk mendorong proses pembungaan pada tanaman, pemberian Natrium NAA adalah cara pertama mempercepat produksi buah durian. Dengan begitu, durian akan rajin berbuah sepanjang masa.

Anda bisa mendapatkan ZPT ini di toko pertanian dan gunakan petunjuk pemakaian saat mengaplikasikannya pada tanaman durian. Singkat kata, penggunaan Natrium NAA dilakukan dengan cara menyemprotkan zat ini pada seluruh batang dan daun durian. Proses penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 6 – 10.

3. Menggunakan Paclobutrazol

Hormon Paclobutrazol sudah dikenal cukup lama sebagai hormon yang merangsang pembungaan dan buah untuk tanaman durian. Negara Thailand bahkan telah mengaplikasikan hormon pertumbuhan ini sejak lama.

Hormon Paclobutrazol diaplikasikan dengan cara menyuntikkannya, menginfus atau menyemprotkan pada tanaman durian. Cukup dengan dosis 10 – 20 cc setiap batang pohon jika ingin menggunakan metode suntik. Hormon ini disuntikkan pada akar tanaman durian yang sehat. Selain itu juga bisa membuat durian rajin berbuah.

Memang agak susah jika menggunakan metode suntik karena kita harus menggali tanah dan mencari akar yang bagus. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan metode semprot, namun akan memakan lebih banyak volume hormon.

Jika menggunakan metode semprot, hormon paclobutrazol akan efektif dengan syarat tidak terjadi hujan selang 3 jam dari penyemprotan. Tapi jika sebelum 3 jam sudah turun hujan, Anda harus mengulang penyemprotannya.

Penyemprotan harus dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 9 dimana matahari belum bersinar begitu terik. Hal ini perlu diperhatikan karena pada waktu inilah stomata daun sedang terbuka dengan sempurna. Hormon akan terserap maksimal ke dalam daun.

Itulah 3 zat ZPT yang bisa dipergunakan sebagai cara membuat durian rajin berbuah di luar musimnya. Pemberian ZPT ini harus didukung dengan nutrisi tanaman yang lengkap dan sistem pengairan yang baik. Dengan demikian, hasil buah durian akan lebih maksimal.

Leave a Reply

0
Scroll to Top