Inilah 6 Cara Jitu Mengatasi Itik yang Tidak Mau Bertelur

Salah satu tujuan memelihara itik adalah untuk diambil telurnya, namun bagaimana jika itik-itik tersebut enggan bertelur? Karena itu, perlu untuk mempelajari cara jitu mengatasi itik yang tidak mau bertelur.

Peternak harus mengetahui bagaimana kondisi dari itik mereka dan memahami proses untuk bisa menghasilkan telur. Itik yang enggan bertelur tidak selalu didasari karena pakan yang kurang bagus, namun juga bisa dari aspek lainnya.

Cara Jitu Mengatasi Itik yang Tidak Mau Bertelur dengan Rutin

Memiliki itik memang bisa dipergunakan sebagai lahan bisnis ataupun untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Namun tentunya, persiapan yang matang harus dilakukan supaya dalam upaya ternak ini bisa menghasilkan produksi telur yang maksimal.

Banyak peternak yang gagal dan tidak bisa membuat itiknya bertelur dengan rutin. Hal ini dikarenakan sarana dan prasarana beternak tidak dimanajemen sebaik mungkin. Kondisi kandang memprihatinkan, pakan kotor, hingga berbagai penyakit yang menyerang.

Seperti disebutkan sebelumnya, itik enggan bertelur bukan karena faktor pakan yang buruk saja. Kebersihan kandang juga sangat mempengaruhi. Itulah mengapa itik-itik jadi enggan untuk bertelur. Oleh sebab itu, kini saatnya Anda mengetahui cara jitu mengatasi itik yang tidak mau bertelur. Berikut tipsnya.

1. Pelihara dalam Kandang Bersih

Itik sebaiknya diletakkan di dalam kandang saja dan tidak perlu diumbar atau diliarkan. Idealnya, untuk kandang berukuran 1 m3 dapat dihuni oleh maksimal 4 ekor itik. Jika lebih dari itu, itik akan merasa sesak dan kesulitan bergerak.

Pastikan kandang selalu dalam kondisi bersih dari kotoran dan sisa makanan. Setidaknya bersihkan kandang sehari sekali dan buang sisa pakan yang bisa mengundang penyakit. Jangan menyajikan lagi pakan yang tidak habis sebelumnya.

2. Buat Pakan Ransum

Tidak dipungkiri, pakan berkualitas adalah kunci dari kemampuan itik untuk menghasilkan telur. Jika mereka kekurangan pakan, itik tidak akan mau bertelur. Karena itu, Anda bisa mendukung dengan pemberian pakan ransum dengan komposisi berikut ini :

  • 54,64 % Dedak
  • 19,58 % Cangkang Udang Segar
  • 13,66 % Menir
  • 9,11 % Ikan Rucah Segar
  • 2,73 % Kapur
  • 0,23 % Top Mix
  • 0.05 % seng

Dengan komposisi ransum ini, itik akan mendapatkan asupan nutrisi dan energi sebesar 2700 – 2800–kkal. Energi ini cukup untuk memenuhi kebutuhannya memproduksi telur.

3. Durasi Pemberian Pakan

Pemberian pakan sebaiknya dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari. Persiapkan ransum makanan tepat sebelum Anda memberikannya. Jangan menyimpan ransum terlalu lama karena akan ada bahan yang basi atau membusuk.

4. Tambahkan Vitamin dalam Minuman

Anda bisa menambahkan vitamin pada minuman bebek dengan tujuan untuk memperkuat ketahanan tubuhnya. Cara jitu mengatasi itik yang tidak mau bertelur ini juga akan membuat itik tidak akan mudah jatuh sakit dan akan selalu kuat.

5. Ciptakan Kondisi Kandang yang Kondusif

Kandang yang baik untuk pertumbuhan itik adalah kandang yang bersih, sanitasi baik dan ukurannya cukup luas. Lingkungan yang sehat akan mendukung proses produksi telur.

6. Persiapkan Tempat Mandi

Itik memiliki kebiasaan mandi dan hidup di lingkungan perairan. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan tempat yang tepat. Segera buang atau ganti air begitu itik selesai mandi. Namun jangan terlalu sering memandikan itik karena mereka bisa jadi malas bertelur.

Itulah beberapa cara jitu mengatasi itik yang tidak mau bertelur. Selain meningkatkan kualitas dan kuantitas pakan, kondisi kandang dan kenyamanan itik juga harus diperhatikan. Pada akhirnya jika Anda mengikuti tips tersebut, dipastikan itik-itik Anda akan rajin bertelur. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top