Kambing Salt Range, Kambing Pedaging dan Penghasil Bulu dari Pakistan

Pakistan merupakan salah satu negara pemilik trah kambing yang paling banyak di dunia. Salah satunya adalah kambing Salt Range atau yang dikenal juga dengan kambing Lati.

Selain kambing ini, ada setidaknya 33 jenis kambing lain seperti kambing Buchi, Lohi, Thalli, Kajli, Sipli dan lain sebagainya. Kali ini, kita akan membahas lebih mendalam mengenai jenis kambing Lati.

Kambing-Lati-salt-range-star-farm

Ciri dan Karakteristik Kambing Salt Range

Banyak sekali ras kambing yang bisa ditemui di daerah Pakistan dan setiap ras memiliki ciri dan karakteristik tersendiri. Kambing Salt Range banyak ditemukan di kawasan Pakistan terutama di daerah barat laut, Attock, Jhelum, Mianwili, Sargodha dan Rawalpindi.

Kambing Lati merupakan jenis kambing yang penampakannya hampir menyerupai seekor domba. Hewan ini memiliki wol tebal, bertubuh gemuk dan mempunyai ekor. Jenis Salt Range banyak ditemui di daerah perbukitan Provinsi Punjab.

Berikut ini adalah beberapa ciri dan karakteristik dari kambing jenis Salt Range yang bisa Anda pelajari, yaitu :

Bentuk dan Ukuran Tubuh

Kambing ini memiliki tubuh berukuran sedang namun dengan bentuk tubuh sedikit lebih gemuk. Bulunya sangat tebal dan berwarna putih. Pada bagian kepala, terdapat bintik berwarna cokelat.

Kambing Lati mempunyai telinga berukuran kecil dengan tanduk yang panjang dan lurus. Ekornya tidak terlalu panjang dan tidak pula terlalu kecil. Tinggi tubuhnya secara keseluruhan adalah sekitar 45 sampai 50 cm.

Saat lahir, rata-rata berat anak kambing Lati berkisar antara 3 kg. Mereka akan mulai disapih saat beratnya mencapai 21 kg. Masa laktasinya cukup pendek yaitu sekitar 4 sampai 5 bulan.

Pertumbuhan kambing ini relatif cepat yaitu 150 gram per hari. Kambing Lati dewasa bisa mencapai berat kurang lebih 40 kg untuk kambing jantan dan 35 kg untuk kambing betina.

Hasil Produksi

Kambing Salt Range diternakkan untuk dua tujuan, yaitu untuk diambil bulunya dan diambil dagingnya. Prosentase karkas pada kambing ini cukup besar yaitu sekitar 45 persen atau sekitar 15 sampai 20 kg saat kambing berusia 1 tahun.

Kualitas daging kambing ini cukup bagus. Dagingnya mengandung rendah lemak dan serat. Namun selain untuk diambil dagingnya, kambing ini juga dipelihara untuk diambil bulunya.

Hanya saja, pertumbuhan bulu pada hewan ini tidak sedrastis pertumbuhan bulu pada domba. Kambing ini hanya mampu menghasilkan bulu sebanyak 0,5 sampai dengan 1 kg per tahunnya. Tidak sebanyak wol yang dihasilkan oleh domba.

Pertumbuhan dan Perkembangan Kambing Salt Range

Kambing Lati merupakan salah satu jenis kambing unggulan penduduk provinsi Punjab. Namun sayangnya, perawatan kambing ini tidak maksimal sehingga tidak memenuhi ekspektasi masyarakat.

Pada dasarnya, pertumbuhan karkas yang baik bisa ditingkatkan dengan pemberian pakan yang seimbang. Banyak studi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas karkas kambing yang satu ini. Salah satunya adalah mengujicoba berbagai kombinasi pakan bermutu dan bernutrisi tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan serta perawatan secara tradisional dan dengan manajemen baik akan menunjukkan hasil yang berbeda. Pemberian pakan secara tradisional pada kambing jenis Salt Range ini hanya menghasilkan kenaikan 112 gram per harinya.

Sedangkan perawatan dengan manajemen pakan bermutu bisa meningkatkan pertumbuhan daging sebanyak 131 gram perharinya. Ini adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi daging.

Jika manajemen perawatannya diperbaiki, bukan tidak mungkin kambing Salt Range bisa menjadi salah satu komoditi penting negara ini. Hal ini akan semakin memantapkan Pakistan sebagai salah satu negara pemilik trah kambing terbanyak di dunia.

Leave a Reply

0
Scroll to Top