Mengenal Kambing Somalia, Kambing Tangguh Asal Somalia

Kambing Somalia atau Somali merupakan salah satu jenis kambing penghasil daging yang berasal dari daerah Somalia, Djibouti dan timur laut Kenya. Kambing yang satu ini memiliki ciri dan karakter yang rata-rata hampir serupa dengan jenis kambing pedaging lainnya.

Namun, daya tahan hidup kambing ini sangat tinggi. Selain menghasilkan daging, kambing Somali ini juga diketahui bisa menghasilkan susu dan kulit. Kali ini, kita akan membahas keunikan kambing dari Somalia ini.

Ciri dan Kelebihan Kambing Somalia

Pada dasarnya, kambing Somalia dibedakan menjadi dua kategori yaitu kambing bertelinga panjang dan kambing bertelinga pendek. Namun, kambing yang akan kita bahas kali ini adalah yang paling populer yaitu jenis kambing yang mempunyai telinga pendek.

Kambing Somali bertelinga pendek dikenal secara lokal dengan nama kambing Issa. Kambing ini dimiliki oleh komunitas penggembala yang banyak tinggal di daerah Dire Dawa. Komunitas pemilik kambing Issa ini cukup kuat dan tersebar di tiga negara yaitu Ethiopia, Djibouti dan Somaliland.

Kambing Issa mulanya digembalakan secara tertutup oleh peternak di daerah ini. Mereka tidak banyak terbuka mengenai jenis kambing bertelinga pendek yang dipelihara. Hal ini dikarenakan kambing merupakan komoditas mereka yang cukup berharga.

Terlebih lagi kambing jenis Somali ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis kambing pedaging lainnya. Berikut ini adalah ciri dan kelebihan kambing Issa bertelinga pendek, yaitu:

1. Berbulu Pendek dan Bermotif

Kambing Somali ini tidak hanya memiliki telinga pendek, namun bulu di tubuhnya juga relatif pendek. Bulunya terbilang cukup jarang untuk jenis kambing bertubuh sedang. Warna bulu yang dominan adalah putih dengan bintik atau bercak.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa 61 persen kambing Issa terlahir dengan bercak atau bintik di tubuhnya. Warna bercaknya cukup beragam yaitu putih krem, coklat muda, coklat tua sampai hitam.

Ada pula yang terlahir dengan corak tambal sulam dengan warna dominan putih berbulu coklat muda dan hitam. Kambing yang terlahir dengan warna polos hanya sekitar 30 persen saja.

Bercak atau motif biasanya akan terdapat di daerah tengah wajah, bagian bawah kaki dan sepanjang tulang belakang. Terkadang, garis hitam di sepanjang tulang belakang juga nampak pada kambing bertubuh polos.

2. Bertanduk

Kambing Somali bertelinga pendek ini memiliki tanduk baik pada kambing jantan atau kambing betinanya.

3. Penghasil Susu yang Baik

Anda mungkin tidak akan menduga bahwa kambing yang hidup di daerah gersang ini memiliki kemampuan menghasilkan susu yang baik. Saat masa laktasi, kambing ini bahkan bisa menghasilkan susu sebanyak 3 kilogram setiap harinya.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kambing Somali dipertahankan sebagai salah satu ternak harian rumah tangga. Hasil susunya cukup melimpah untuk dipergunakan memenuhi kebutuhan hidup dan sebagai mata pencaharian.

4. Tahan Terhadap Kekeringan

Salah satu keutamaan kambing Somalia adalah kemampuan dan ketahanannya untuk hidup di daerah yang panas dan gersang. Kambing ini mampu bertahan dengan baik meskipun dalam kondisi kekurangan air atau hidup di lahan gersang.

Komunitas pemilik kambing Issa menyatakan bahwa kambing ini mampu bertahan dalam kondisi lingkungan yang keras. Hal ini ditandai dengan kontribusi mereka yang cukup signifikan bagi mata pencaharian meskipun kekurangan air dan pakan.

Kambing issa hidup dengan cara merumput. Mereka memakan semak, ilalang dan bertahan hidup dengan mengandalkan hutan. Hewan ini cukup pandai menyimpan lemak sebagai cadangan ketika musim kemarau panjang menyerang.

5. Induk yang Baik

Kambing Somali bertelinga pendek ini diketahui memiliki kemampuan untuk menjadi induk yang baik. Mereka mampu menggembalakan anak-anaknya hingga tumbuh dengan baik dan sehat dalam kondisi lingkungan yang terbatas.

6. Tahan terhadap Penyakit

Kambing Issa juga mempunyai ketahanan tubuh yang baik terhadap berbagai jenis penyakit. Hewan ini mampu berjalan jauh melampaui daerah panas dan gersang. Ketahanan tubuhnya patut diacungi jempol.

Itulah beberapa informasi mengenai kambing Somalia yang bisa Anda ketahui. Kambing ini bisa dikategorikan sebagai ternakan yang tangguh dan berkualitas tinggi. Penghasil daging dan susu yang baik untuk keperluan masyarakat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top