Kambing Kerdil Cina Selatan, Spesies Kambing Kerdil di Dunia

Kambing kerdil Cina Selatan adalah salah satu jenis kambing kecil atau memiliki bentuk kerdil. Hewan ini banyak hidup di daerah lembab dengan iklim atau cuaca tropis. Kambing kerdil ini sekilas nampak dengan kambing kacang Malaysia.

Kambing ini dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya. Meskipun ukuran tubuhnya kecil, kambing ini mampu memberikan kualitas dan kuantitas daging yang baik.

Ciri dan Karakteristik Kambing Kerdil Cina Selatan

Sebagai salah satu spesiel kerdil, kambing kerdil Cina Selatan merupakan salah satu yang cukup populer. Kambing ini banyak diminati karena kualitas dagingnya yang cukup enak. Berikut ini adalah ciri-ciri dari kambing kerdil dari Cina Selatan.

1. Bentuk Tubuh

Kambing dari China Selatan ini memiliki badan yang kecil dan terbilang kerdil di antara ukuran kambing lainnya. Meskipun demikian, kambing ini adalah tipikal kambing pedaging. Jadi, peternak bisa saja memanfaatkan dagingnya untuk keperluan sehari-hari.

2. Bobot dan Ukuran

Seperti kambing kerdil lainnya, kambing kecil dari China Selatan ini memiliki berat badan yang kecil. Pada kambing jantan, mereka hanya mempunyai bobot sebesar 30 kg. Sedangkan untuk kambing betinanya, mereka hanya berbobot 25 kg.

Tinggi gumba kambing ini adalah sekitar 50 – 55 cm baik untuk kambing jantan ataupun betina. Gumba adalah titik tertinggi di bagian punggung hewan berkaki empat saat mereka sedang berjalan. Gumba biasanya terletak di antara cekungan antara dua tulang belikat.

3. Warna

Warna bulu kambing kerdil dari China Selatan ini adalah hitam. Namun ada beberapa kambing juga yang terlahir dengan warna putih kecoklatan. Bulu kambing kerdil ini cukup lebat karena berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari cuaca alam sekitar.

4. Kemampuan Reproduksi

Kambing kerdil dari China selatan ini memiliki kemampuan reproduksi yang cukup baik. Mereka umumnya melahirkan dua atau tiga anak sekaligus dalam satu kali kelahiran. Ini adalah salah satu kelebihan kambing China ini mengingat ukuran tubuhnya yang terbilang kecil.

5. Habitat Hidup

Kambing kerdil ini dipelihara oleh peternak di China dengan cara digembalakan. Namun, ada juga yang meletakkannya di dalam kandang. Ukurannya yang kecil membuat peternak mudah untuk mengontrolnya. Hewan ini terbiasa hidup di daerah tropis dan lembab.

6. Daya Adaptasi

Kambing ini memang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan jenis kambing lainnya. Akan tetapi, kemampuannya untuk beradaptasi dan bertahan hidup cukup besar. Terlebih lagi, iklim wilayah China Selatan adalah subtropis. Kambing ini mampu melewati empat musim dengan baik.

Mereka mampu hidup dengan baik meskipun dalam kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan. Salah satu contohnya adalah ketika musim panas dan tidak banyak pakan hijau yang tersedia. Inilah sebabnya masyarakat China banyak yang memelihara hewan kecil yang kuat ini.

7. Produktivitas

Kambing kerdil Cina Selatan merupakan kambing yang dipelihara untuk menghasilkan daging. Kualitas daging hewan ini sangat bagus dan enak. Memang jika melihat ukurannya, kuantitas daging yang didapatkan tidak akan sebanyak kambing lain.

Selain menghasilkan daging, kambing China Selatan ini juga dapat diambil susunya. Mereka memiliki ambing yang cukup baik. Kambing ini dapat menghasilkan susu setidaknya 0,5 kg per hari. Masa laktasi mereka pun cukup panjang dan lama.

Itulah sedikit informasi mengenai kambing kerdil Cina Selatan. Kambing ini termasuk salah satu jenis kambing kerdil di dunia selain kambing pygmy dan kambing kerdil Nigeria. Adanya kambing ini membuktikan bahwa kekayaan satwa di dunia ini tidak terbatas. Bagaimanapun bentuk dan ukurannya, mereka tetap mampu memberikan manfaat kepada manusia.

Leave a Reply

0
Scroll to Top