Kambing Alpen, Kambing Perah dari Pegunungan Alpen

Kambing Alpen dikenal juga dengan kambing Alpine merupakan salah satu jenis kambing liar yang hidup di pegunungan Alpen. Sebagai kambing dari habitat ekstrem, kambing ini memiliki kemampuan menghasilkan susu yang tidak kalah baik dari kambing perah lainnya.

Hasil susunya banyak dimanfaatkan untuk keperluan pribadi hingga kebutuhan komersial. Penasaran dengan kambing yang satu ini? Yuk simak info lengkap berikut ini.

Ciri dan Karakter Kambing Alpen

Kambing Alpen merupakan jenis kambing yang dikategorikan dalam ukuran sedang hingga besar. Kambing ini diketahui memiliki kualitas susu yang sangat baik, tidak kalah dengan kambing Saanen dan Toggenburg.

Berikut ini adalah ciri dan karakter kambing asal Eropa ini, yaitu :

1. Bentuk dan Ukuran Tubuh

Sebagai jenis kambing sedang, Alpen memiliki berat badan sekitar 61 kg untuk jenis jantan. Tingginya mencapai 81 cm untuk jantan dan 76 cm untuk kambing betina. Kambing ini memiliki bulu tubuh berwarna putih, abu-abu, coklat hingga hitam.

Kambing yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang lurus dan kompak. Tanduk dan telinganya berdiri tegak. Bulu kambing ini tidak terlalu panjang. Bulunya pendek dan berukuran sedang.

2. Mampu Beradaptasi dengan Iklim Apapun

Kambing yang satu ini merupakan kambing yang cukup kuat. Mereka memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan iklim apapun berkat sifat mereka yang kuat dan tangguh.

3. Jinak

Kambing Alpine termasuk kambing yang sangat populer di industri susu karena temperamennya yang jinak. Kambing ini tidak akan melukai manusia serta cukup mudah untuk diarahkan.

4. Penghasil Susu yang Baik

Kambing dari pegunungan Alpen ini dikenal karena memiliki produksi susu yang optimal. Baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Susu kambingnya banyak dimanfaatkan untuk produksi keju, mentega, es krim, hingga sabun.

Masa laktasi kambing Alpine cukup lama sehingga prosentase mendapatkan susu kambing juga lebih besar. Terlebih lagi jika peternakan Alpine ditangani dengan sistem yang baik, kualitasnya akan jauh melebihi susu kambing perah lainnya.

Kelebihan Susu Kambing Alpen

Kualitas susu kambing asal Eropa ini sudah tidak diragukan lagi. Banyak peternak kambing di Eropa dan Amerika fokus untuk memelihara kambing yang satu ini karena kualitas susunya yang baik dan bermutu.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan susu kambing Alpen dibandingkan dengan jenis kambing perah lain, yaitu :

1. Kandungan Lemak Rendah

Susu kambing ini memiliki kandungan lemak yang cukup rendah dibandingkan susu kambing lain. Inilah mengapa banyak permintaan dari konsumen untuk susu kambing Alpine.

Banyak orang yang khawatir mengonsumsi susu kambing karena tingginya lemak. Namun, saat mengonsumsi susu kambing Alpine, mereka tidak lagi khawatir akan kandungan lemaknya yang hanya 3,4% saja.

2. Tinggi Protein

Susu kambing yang satu ini juga terkenal karena kandungan proteinnya yang tinggi. Protein ini sangat baik untuk pertumbuhan anak serta menjaga kesehatan tubuh. Produksi protein akan lebih tinggi saat masa laktasi memasuki masa 2 sampai 3 bulan.

3. Nutrisi Lengkap

Sama halnya dengan susu kambing Saanen dan Toggenberg, susu kambing Alpine juga mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Berbagai macam vitamin dan mineral juga terdapat dalam komposisi susunya. Asam dan lemak baik juga turut memperkaya nutrisinya.

Itulah beberapa informasi mengenai kambing Alpen yang bisa Anda pelajari. Kambing yang satu ini memang tidak banyak tersebar di wilayah Asia. Namun, populasi mereka di Eropa dan Amerika cukup besar dan terus dikembangkan setiap waktu.

Leave a Reply

0
Scroll to Top