10 Jenis Ubur-Ubur Yang Harus Anda Tahu, Ini Dia!

Ubur-ubur merupakan salah satu hewan purba yang telah lama dijadikan penelitian oleh para ilmuwan. Ubur-ubur sudah ada sejak 500 juta tahun yang lalu. Jenis ubur-ubur sangat beragam, ada yang berbahaya dan tidak berbahaya bagi manusia.

Ubur-ubur merupakan biota laut yang berada di bawah laut. Hewan ini bertahan hidup dengan tentakel yang dapat menyengat. Ia dapat melepaskan sengatannya atau racun untuk berburu mangsa dan bertahan hidup.

Beberapa Jenis Ubur-Ubur

Ubur-ubur merupakan salah satu biota laut yang sangat cantik. Jenis ubur-ubur yang ada di dunia ini sangatlah beragam. Berikut ini beberapa jenis ubur-ubur tercantik yang dapat anda ketahui.

1. Phyllorhiza Punctata

Phyllorhiza Punctata atau White Spotted Jellyfish sering dijumpai terapung di permukaan air. Ubur-ubur ini memiliki ukuran sampai 50 cm dan sengatannya tidak berbahaya. Anda dapat memanfaatkan cuka untuk menyembuhkan serangan dari ubur-ubur tersebut.

2. Jelly Bluber

Jelly Bluber merupakan jenis ubur-ubur yang memiliki warna yang unik. Warnanya bukan berasal dari algae seperti ubur-ubur yang lainnya melainkan dari pigmen warna yang dimiliki Jelly Bluber sendiri.

Ubur-ubur Jelly Bluber memiliki tentakel yang dapat menyengat dan menyakitkan. Namun sengatannya tidak menimbulkan resiko yang serius bagi manusia hanya saja dapat menyebabkan gatal-gatal dan kulit menjadi merah.

3. Golden Jelly Fish

Golden Jelly Fish atau ubur-ubur emas merupakan jenis ubur-ubur yang hidup di air asin. Ubur-ubur Golden Jelly Fish merupakan ubur-ubur yang tidak menyengat. Kenapa tidak lagi menyengat, ubur-ubur yang sudah tak lagi menyengat itu karena sudah terisolasi sangat lama sehingga kehilangan sengatannya.

Golden Jelly Fish dapat ditemui di Raja Ampat, Papua Barat, Danau Kakaban dan masih banyak daerah lainnya di Indonesia. Golden Jelly Fish berbentuk seperti kubah yang berwarna emas.

4. Aequorea Victoria

Aequorea Victoria atau dikenal sebagai Crytal Jellyfish. Jenis ini merupakan salah satu ubur-ubur transparan yang dapat menyala ditempat gelap. Ubur-ubur ini banyak memiliki manfaat yang digunakan manusia untuk mengatasi masalah kesehatan.

5. Austraian Box Jellyfish

Selain Aequorea Victoria, Austraian Box Jellyfish merupakan ubur-ubur transparan yang berbahaya. Ubur-ubur ini memiliki racun yang sangat berbahaya sehingga mampu membunuh puluhan manusia dalam hitungan detik. Tak hanya racun yang dimiliki, ubur-ubur ini juga memiliki bentuk yang cukup menyeramkan dan memiliki gerakan yang sangat cepat pada saat menyerang musuh.

6. Flower Hat Jelly

Flower Hat Jelly merupakan salah satu jenis ubur-ubur yang sudah langka di dunia. Memiliki ukuran tubuh yang kecil namun kategori ubur-ubur ini sangat mencolok karena warna yang ia miliki ungu dan orange.

Walaupun Flower Hat Jelly bertubuh kecil namun ia dapat menyengat dengan baik dan menimbulkan rasa yang menyakitkan. Anda dapat menemukan jenis ubur-ubur ini di perairan Jepang, Brazil dan Argentina.

7. Moon Jellyfish

Moon Jellyfish memiliki banyak nama yaitu Saucer Jelly, Common Jelly atau Aurelia Aurita. Ubur-ubur ini memiliki banyak nama dan merupakan salah satu ubur-ubur tercantik dan sudah terkenal di Dunia.

Dengan tampilan yang terlihat tembus pandang menambah kecantikan dari Moon Jellyfish. Namun, Moon Jellyfish jenis ubur-ubur yang tidak dapat bertahan lama untuk hidup. Moon Jellyfish akan mati beberapa bulan setelah reproduksi

8. Nomura Jellyfish

Nomura Jellyfish merupakankategori ubur-ubur yang dapat Anda temukan di pantai Jepang. Ukuran yang dimiliki ubur-ubur Nomura Jellyfish sangatlah besar dari tubuh manusia. Dengan berat yang lebih dari 450 kilogram.

9. The box Jellyfish

The box Jellyfish merupakan salah satu jenis ubur-ubur yang beracun dan membahayakan bagi manusia. Sengatan yang diberikan oleh ubur-ubur ini kepada manusia yaitu serangan jantung.

Ubur-ubur ini berbentuk kotak dan memiliki tiga buah tentakel. Kalian bisa menemukan jenis ubur-ubur ini di Samudera Indo-Pasifik dan Australia Utara.

10. Costa Rican Jellyfish

Costa Rican Jellyfish merupakan ubur-ubur yang disebut juga Stauromedusae. Bentuk tubuh yang dimiliki berbentuk terompet. Warna yang dimiliki oleh ubur-ubur yaitu warna merah muda dan cenderung gelap.

Itulah 10 jenis ubur-ubur yang memiliki berbagai keindahan dan racun yang dapat mematikan . Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top