Yuk Cari Tahu, 7 Jenis Kura-Kura Peliharaan

Kura-kura adalah hewan purba yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. Manusia sudah tidak asing lagi dengan peliharaan kura-kura. Hewan yang memiliki cangkang keras ini memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi salah satu hewan yang disenangi oleh pencinta hewan. Jenis kura-kura peliharaan memiliki berbagai karakteristik yang berbeda-beda dan tentunya tidak membahayakan.

Hewan reptil ini menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memiliki hewan peliharaan. Selain perawatannya yang tidak menyusahkan Anda sebagai pemilik, kura-kura merupakan hewan jinak yang ramah untuk anak-anak.

Berbagai Jenis Kura-Kura Peliharaan

Kura-kura yang dapat Anda pelihara ada berbagai macam bentuk dan rupa. Meskipun ada beberapa kura-kura yang memiliki rupa menyeramkan, namun hewan ini dapat dipelihara dengan aman. Berikut ini ada beberapa rekomendasi jenis kura-kura peliharaan yang dapat anda miliki.

1. Leopard Tortoise

Leopard Tortoise merupakan jenis kura-kura peliharaan yang memiliki corak cangkang yang cantik seperti macan tutul. Jenis kura-kura ini cukup sulit dalam pemeliharaannya. Memiliki sensitifitas yang tinggi akan perubahan cuaca menjadi tantangan bagi Anda yang ingin memelihara kura-kura jenis Leopard Tortoise.

Kura-kura Leopard Tortoise berasal dari Afrika yang memiliki keadaan suhu yang hangat. Sehingga untuk bertahan hidup Leopard Tortoise membutuhkan tempat yang hangat seperti daerah asalnya.

Kura-kura Leopard Tortoise atau yang sering disebut kura-kura pardalis merupakan anggota genus Stigmochelys satu-satunya yang amat suka dengan tempat yang dominan terkena sinar matahari.

2. Red Ear Slider

Nama lain kura-kura ini adalah kura-kura brazil. Kura-kura jenis ini merupakan salah satu hewan yang sangat mudah dalam perawatannya. Memiliki daya tarik tersendiri karena keindahan dan keunikan yang dimiliki kura-kura Red Ear Slider.

Dengan perpaduan warna hijau dan merah yang mencolok pada telinganya menjadikan hewan ini sebagai incaran bagi pencinta hewan reptil. Makanan yang dapat diberikan kepada kura-kura Red Ear Slider yaitu daging ayam, telur, pisang, pepaya, dan berbagai makanan yang kaya akan nutrisi.

3. Sulcata

Dapat memiliki tubuh yang sangat besar merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh jenis kura-kura sulcata. Kura-kura sulcata berasal dari negara Afrika yang dominan panas. Namun, kura-kura Sulcata merupakan jenis kura-kura yang dapat menyesuaikan diri dengan baik dan cocok tinggal di Indonesia.

Sulcata merupakan salah satu jenis kura-kura yang dapat bertahan hidup dengan baik hingga usia ratusan tahun dan memiliki bobot yang sangat besar dengan rata-rata yaitu 100 kilogram.

4. Indian Star

Kura-kura ini berasal dari India yang sangat cocok untuk dipelihara bagi Anda yang merupakan pemula dalam memelihara binatang khususnya kura-kura. Memiliki harga yang cukup murah dibandingkan dengan harga kura-kura jenis lainnya.

Perawatan untuk jenis kura-kura peliharaan ini cukuplah mudah. Dapat beradaptasi dengan iklim yang ada di Indonesia dan Anda hanya menyiapkan air minum dan makanan yang cukup untuk kura-kura tersebut.

Kura-kura juga butuh dijemur setidaknya seminggu dua kali untuk meningkatkan stamina yang prima sehingga kura-kura seperti hidup di habitatnya sendiri. Lalu, berikan makanan tumbuh-tumbuhan dan sesekali dapat Anda beri makan buah.

5. Elongata

Kura-kura Elongata merupakan salah satu kura-kura yang ditemukan di Asia Tenggara. Kura-kura yang dapat hidup di wilayah beriklim tropis ini sangat cocok tinggal di Indonesia yang memiliki banyak paparan sinar matahari.

Keunikan yang dimiliki oleh kura-kura Elongata yaitu ukuran betina yang lebih besar dibandingkan kura-kura jantan. Tak terlalu besar, kura-kura jenis ini dapat berkembang dengan panjang tubuh mencapai 30 cm. Untuk makanan yang dikonsumsi oleh kura-kura Elongata yaitu berbagai jenis tumbuhan dan dedaunan segar.

6. Cerry Head

Memiliki bentuk tubuh dan warna yang unik merupakan salah satu daya tarik dari kura-kura Cerry Head. Kura-kura Cerry Head banyak dicari karena keindahan dan warnanya yang seperti buah cerry.

Jenis kura-kura ini dapat bertahan hidup hingga usia 50 tahun. Kura-kura Cerry Head biasa mengkonsumsi tumbuhan dan buah-buahan dan kura-kura ini merupakan hewan yang doyan makan

7. Aldabra

Dengan bobot yang amat besar merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh jenis kura-kura peliharaan yaitu Aldabra. Berasal dari Pulau Aldabra Atoll di Seycelles, Aldabra jantan dapat mencapai 100 kg lebih besar dari betina, kura-kura ini habitatnya di semak belukar dan kayu di hutan bakau.

Aldabra merupakan golongan herbivora dan juga terbiasa memakan bangkai kepiting. Jenis kura-kura ini memiliki harga yang cukup mahal. Bahkan untuk ukuran sekepal tangan orang dewasa mencapai 30 juta rupiah.

Itulah beberapa jenis kura-kura peliharaan yang dapat dijadikan alternatif pilihan jika ingin memelihara kura-kura . Semoga bacaan ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top