5 Jenis Tanaman Hias Beracun yang Perlu Dihindari

Alih-alih ingin memiliki tanaman hias yang cantik, Anda harus mengetahui beberapa jenis Jadi, jangan pernah tertipu dengan penampilan suatu tanaman yang cantik. Pastikan tanaman tersebut benar-benar tidak beracun. Jadi, ini akan aman untuk semua anggota keluarga.
Menghadirkan rumah yang segar dan asri memang bisa dilakukan menggunakan tanaman hias.

Memilih tanaman hias yang salah bisa mempengaruhi kesehatan anggota keluarga Anda. Bahkan, ini mungkin bisa membahayakan anak-anak yang notabene belum tahu menahu. Untuk itu, Anda harus memilah-milah tanaman hias untuk rumah dengan sebaik mungkin.

5 Jenis Tanaman Hias Beracun

Berikut beberapa jenis tanaman hias beracun dan benar-benar harus Anda hindari. Pertimbangkan untuk memilikinya tanaman hias beracun. meskipun bentuknya unik dan cantik.

1. Rhubarb

Rhubarb merupakan jenis tanaman hias yang masih satu jenis dengan keladi atau pohon talas. Sesuatu yang beracun dari tanaman hias ini berasal dari daunnya. Meskipun demikian, batangnya bisa dimakan karena ternyata memiliki rasa yang lezat. Namun, pertimbangkan kembali jika ingin menggunakannya sebagai tanaman hias rumah ya.

2. Sanseivera atau Lidah Mertua

Tanaman hias ini begitu populer di kalangan masyarakat. Banyak orang yang menyukainya karena bentuknya yang unik. Tanaman ini biasanya ditempatkan di dalam pot untuk menghiasi rumah.

Jika diperhatikan dengan baik-baik, lidah mertua memiliki bentuk yang menyerupai pedang. Dihiasi dengan warna hijau dan kuning membuat tanaman ini Nampak cantik. Meskipun demikian, kadar racun dari tanaman hias beracun rupanya cukup tinggi. Efek yang bisa ditimbulkan adalah muntah-muntah.

3. Sri Rejeki

Tanaman hias dari jenis dieffenbachia ini memang seringkali digunakan untuk menghiasi rumah. Tidak hanya diletakkan di pot luar rumah, banyak orang yang menggunakannya sebagai penghias ruangan di dalam rumah. Sri Rejeki bahkan memiliki harga yang lumayan dan sering diburu oleh para pecinta tanaman hias.

Dibalik warna daunnya yang indah dan bentuk unik daunnya, ternyata tanaman hias ini memiliki kandungan racun di bagian batangnya. Kandungan kalsium oksalat di dalam batang dan daun bisa membuat Anda merasa gatal-gatal. Bahkan, efek buruk yang bisa ditimbulkan oleh tanaman ini adalah kejang-kejang.

4. Kuping Gajah

Kuping Gajah adalah jenis tanaman hias yang sangat populer di kalangan masyarakat. Bentuk dari daunnya yang lebar membuatnya mirip dengan telinga gajah. Inilah yang membuat tanaman ini dinamakan Kuping Gajah.

Meskipun demikian, jenis kuping gajah sangat bervariasi. Ada yang bentuknya lebar dan besar, ada pula yang lebar dan kecil. Warnanya bermacam-macam mulai dari merah kombinasi hijau, putih kombinasi hijau, hijau, dan masih banyak lagi.

Meskipun demikian, ini merupakan jenis tanaman hias beracun. Jika daun kuping gajah oleh hewan atau manusia, efeknya bisa membuat mulut dan lidah menjadi membengkak. Racun di dalam tanaman ini akan mengakibatkan kesulitan bernafas untuk efek jangka panjangnya.

5. Philodendron

Ini merupakan jenis tanaman hias gantung. Banyak orang yang menginginkannya karena daunnya berwarna hijau dan cantik. Jumlah daun dari tanaman ini juga sangat banyak sehingga sangat menyegarkan mata.

Jika dilihat, daun dari tanaman ini memiliki bentuk yang melengkung lancip. Meskipun demikian, tanaman hias ini sebenarnya beracun. Jika daun Philondendron dikonsumsi akan membuat bagian bibir dan lidah mengalami pembengkakan. Jadi sebisa mungkin, hindari tanaman hias ini.

Penting sekali untuk waspada terhadap berbagai jenis tanaman hias beracun. Jangan sampai Anda tertipu hanya karena penampilan tanaman yang indah saja. Pastikanlah tanaman hias tersebut aman untuk ditempatkan di area rumah Anda. Hindari menanam tanaman hias beracun untuk membuat keluarga tetap aman dan sehat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top