Jenis Tanah Untuk Kelapa Sawit Supaya Tumbuh Subur

Perkebunan yang baik ialah perkebunan yang terletak di daerah dataran tinggi. Ada banyak tanaman hasil perkebunan yang menjanjikan keuntungan besar. Salah satunya adalah kelapa sawit. Kelapa sawit merupakan satu contoh tanaman hasil perkebunan yang menjadi komoditas utama ekspor-impor. Kualitas yang dihasilkan dari hasil perkebunan kelapa sawit tergantung pada kualitas benih dan jenis tanah untuk kelapa sawit.

jenis tanah untuk kelapa sawit star farm
paktanidigital.com

Jenis Tanah Untuk Tanaman Kelapa Sawit

Pemilihan benih yang bagus merupakan faktor utama dari kualitas yang akan dihasilkan. Tak hanya pemilihan benih, jenis tanah pun harus dipertimbangkan agar hasil yang didapatkan tak mengecewakan. Selain jenis tanah, Anda juga harus memperhatikan kelembaban tanah, sifat fisik tanah, dan sifat kimia tanah. Berikut ini adalah beberapa jenis tanah yang baik untuk menanam tanaman perkebunan yang menguntungkan ini.

1. Tanah Organosol

Tanah organosol merupakan salah satu jenis tanah yang dinilai bagus sebagai media tanam kelapa sawit. Penilaian ini berdasarkan komposisi tanah yang terdiri dari zat-zat organik sehingga menjadi tanah yang paling subur dan kaya akan unsur hara.

2. Tanah Alluvial

Selain tanah organosol, jenis tanah yang cocok sebagai media tanam kelapa sawit adalah tanah alluvial. Tanah alluvial terdiri dari material-material halus yang terbawa oleh sungai dan mengendap di suatu tempat. Jenis tanah ini biasa ditemukan di daerah aliran sungai. Kesuburan yang dihasilkan oleh tanah jenis ini pun tergantung pada material endapan.

3. Tanah Latosol

Tanah latosol atau yang biasa disebut tanah merah juga termasuk jenis tanah yang baik untuk bercocok tanam. Sifat tanah ini mudah menyerap air. Kandungan bahan organik serta PH-nya yang netral hingga asam membuat tanah ini baik untuk menjadi media tanam kelapa sawit. Tak hanya tanaman kelapa sawit, tanaman seperti padi, jagung, dan tanaman pertanian lainnya juga bagus untuk ditanam menggunakan jenis tanah lain.

Apabila Anda tinggal di dataran tinggi, itu akan semakin menguntungkan Anda untuk memulai bisnis perkebunan kelapa sawit. Tetapi, Anda juga harus memperhatikan jenis tanah untuk kelapa sawit. Apabila jenis tanah sudah termasuk bagus dan bibit yang didapatkan berkualitas baik, keuntungan yang Anda dapatkan juga besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top