4 Cara Menanam Hidroponik Kangkung Tanpa Repot

Apakah Anda menyukai sayur kangkung? Atau mungkin Anda ingin menanamnya namun tidak memiliki lahan yang cukup? Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki lahan karena Anda bisa menanamnya dengan metode hidroponik. Hidroponik sendiri merupakan metode menanam dengan menggunakan media air. Pilihlah jenis kangkung air untuk ditanam secara hidroponik karena sesuai dengan habitat aslinya. Cara menanam hidroponik kangkung pun cukup mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

cara menanam hidroponik kangkung star farm

4 Langkah Menanam Hidroponik Kangkung

Cara menanam hidroponik kangkung bisa dilakukan dengan empat langkah mudah seperti yang diuraikan di bawah ini:

1. Menyiapkan peralatan dan bahan

Langkah pertama adalah dengan mempersiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan. Bahan yang dibutuhkan ada dua, yaitu benih kangkung berkualitas serta nutrisi atau pupuk khusus untuk sayuran hidroponik.
Sedangkan peralatan yang dibutuhkan adalah wadah dengan lubang-lubang kecil seperti plastik besek. Ada pula baskom atau wadah yang diameternya sama dengan besek tadi. Sediakan juga kain yang berguna untuk menyemai benih.

2. Menyemai benih kangkung

Langkah selanjutnya adalah menyemai benih kangkung yang sudah disiapkan. Caranya yaitu dengan membungkus benih kangkung yang telah direndam. Siram air dengan air hangat dengan tujuan agar benih cepat berkecambah. Berikan air hangat secukupnya hingga kain basah. Tunggu hingga benih berkecambah.

3. Memindahkan kangkung

Setelah kangkung berkecambah, pindahkan semuanya ke wadah berlubang yang telah disiapkan sebelumnya. Isi wadah satunya dengan air dan berikan larutan nutrisi untuk tanaman hidroponik. Batas larutan adalah hingga menyentuh permukaan wadah kecambah.

4. Perawatan

Meskipun proses penanaman sudah selesai, perlu untuk mengetahui cara perawatannya. Letakkan tanaman di bawah sinar matahari yang cukup. Setelah memasuki usia dua minggu, tambahkan dosis nutrisi karena kangkung akan membutuhkan nutrisi lebih banyak. Air juga harus sering diganti jika sudah berbau. Pada tahap perawatan ini, perlu perhatian ekstra agar menghasilkan kangkung yang segar.

Setelah memasuki usia 5 hingga 6 minggu, kangkung sudah bisa dipanen. Anda bisa menikmati hasil dari menanam kangkung dengan media air. Dengan mempelajari cara menanam hidroponik kangkung di atas, diharapkan bisa membantu Anda yang ingin mencoba menanam kangkung sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top