Ingin Menanam Kangkung? Ini 4 Cara Memilih Bibit Kangkung Unggul

Kangkung merupakan sayuran yang kaya akan serat dan mudah dibudidayakan. Sayur ini bisa diolah menjadi masakan lezat yang menggugah selera. Pecinta sayur hijau ini cukup banyak. Terbukti, banyak restoran yang menyediakan menu sayur kangkung sebagai pelengkap. Karena daya belinya tinggi, budidaya kangkung cukup menjanjikan. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pastikan Anda mendapatkan benih kangkung yang bagus. Sudah tahukah Anda cara memilih bibit kangkung? Yuk simak penjelasan berikut.

cara memilih bibit kangkung star farm
penjagarumah.com

Langkah Memilih Bibit Kangkung yang Bagus

Berikut ini penjelasan mengenai cara memilih bibit kangkung yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Menguji dengan air

Salah satu cara untuk memastikan bahwa bibit kangkung tersebut merupakan bibit yang baik adalah menguji dengan air. Anda bisa memasukkan benih ke dalam air dalam sebuah wadah. Jika benih tenggelam, artinya benih tersebut merupakan bibit yang bagus. Sedangkan bibit yang mengapung merupakan bibit dengan kualitas tidak baik atau rusak.

2. Menguji dari segi fisik

Dapatkan benih kangkung yang bagus dengan cara mengamati bentuk fisik benih tersebut. Periksa fisik benih kangkung dan pastikan benih berbentuk sempurna. Jika benih tersebut ada bopeng atau gigitan serangga, bisa dipastikan benih tersebut tidak bagus dan kemungkinan besar tidak bisa tumbuh.

3. Memastikan kesegaran benih

Benih yang berkualitas juga bisa dipastikan dengan melihat kesegarannya. Benih yang terlihat segar sangat jelas berbeda dengan benih yang tidak berkualitas. Bagi pemula mungkin agak sulit membedakan. Namun ada cara lain untuk memastikannya, yaitu dengan menekan benih tersebut. Jika benih tidak pecah atau hancur, artinya benih tersebut berkualitas.

4. Memastikan asal usul bibit

Yang terakhir adalah dengan cara memastikan dari mana benih tersebut berasal. Jika dimungkinkan, cari tahu dari mana benih berasal. Jika benih berasal dari tanaman kangkung dengan kualitas unggul, benih bisa dipastikan berkualitas juga. Alternatif lain adalah dengan membeli benih di agen pertanian yang telah terpercaya.

Demikian informasi mengenai cara memilih bibit kangkung yang berkualitas. Memilih bibit yang bagus sangat penting. Sebab, ini merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan hasil kangkung berkualitas. Selain memastikan benih yang ditanam unggul, lakukan perawatan dengan baik agar hasilnya lebih memuaskan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top