Ini 5 Jenis Sapi di Indonesia, Paling Banyak Diminati!

Sapi menjadi hewan ternak yang paling umum di Indonesia karena manfaatnya yang sangat beragam untuk manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin sering mengonsumsi berbagai jenis produk yang berasal dari sapi, baik itu daging maupun hasil susunya. Meski sapi terlihat mirip satu sama lain, nyatanya ada berbagai jenis sapi di Indonesia yang harus Anda ketahui.

jenis-sapi-di-Indonesia-star-farm

5 Jenis Sapi yang Dibudidayakan di Indonesia

Karena manfaatnya yang beragam, jenis sapi di Indonesia juga sangat beragam di mana Ada sekitar 19 jenis yang ada. Namun, berikut adalah 5 jenis sapi yang paling banyak diminati di Indonesia, antara lain:

1. Limousin

Sapi Limousin merupakan jenis sapi potong impor yang cukup banyak dicari karena daginya yang berkualitas. Jenis sapi ini berasal dari daerah yang dingin di Perancis dengan dukungan pakan dan perawatan berkualitas tinggi. Selain itu, Limousin cenderung tumbuh lebih cepat dan besar, sehingga daging yang dihasilkan cukup banyak. Tak heran jika sapi jenis ini sering kali dijadikan sapi qurban oleh pejabat tinggi, mulai dari bupati hingga presiden.

2. Simmental

Sapi Simmental merupakan sapi perah dan pedaging yang berasal dari Switzerland yang kini banyak berkembang di benua Eropa dan Amerika. Berat sapi ini bisa mencapai 1 ton untuk jantan dan 900 kg untuk sapi betina.

3. Sapi Madura

Sapi Madura adalah sapi lokal jenis pedaging di mana awalnya berasal dari Madura. Sapi jenis ini mulanya adalah persilangan antara sapi dan banteng, sehingga menghasilkan sapi yang sangat adaptif dengan lingkungan. Bentuk tubuh Sapi Madura biasanya kecil, pendek, dan kuat, bertanduk khas, dan sangat mudah dipelihara karena adaptif tempat dan makanan.

4. Sapi Bali

Salah satu sapi lokal lainnya adalah Sapi Bali yang merupakan jenis sapi potong. Sapi Bali berasal dari alam liar, sehingga memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan sapi lainnya.

5. Sapo Ongole

Sapi jenis ongole banyak dipelihara di pulau Sumbawa. Jenis sapi Ongole sangat tahan dengan lapar dan minum, serta adaptif. Hal ini membuat Sapi Ongole banyak dipelihara karena dianggap sangat adaptif dan mudah dipelihara.

Itulah 5 jenis sapi di Indonesia yang bisa Anda ketahui berikut dengan manfaatnya. Sapi di Indonesia sendiri lebih banyak sapi pedaging atau potong, daripada sapi perah. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top