Mudah Dilakukan, Begini 5 Tahap Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Ikan nila menjadi salah satu jenis ikan yang paling diminati karena kandungan gizi yang berlimpah dan mudah diolah menjadi berbagai masakan. Dalam konteks gizi, nila memiliki kandungan protein, kalori, hingga zat besi. Tak hanya nutrisi, ikan tawar jenis ini juga memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat sedikit.

Dengan kandungan dan rasanya yang nikmat, tak mengherankan ikan nila banyak diminati di masyarakat, sehingga memiliki nilai ekonomi tinggi. Jika Anda tertarik untuk memelihara nila, maka berikut adalah beberapa cara budidaya ikan nila di kolam terpal yang bisa dilakukan oleh pemula.

5 Tahap Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Ada beberapa tahap budidaya ikan nila di kolam terpal yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Menyiapkan Kolam Terpal

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan kolam terpal. Siapkan kolam terpal sendiri dengan ukuran 2×3 meter agar dapat menampung 500 ekor. Kedalaman air untuk kolam sendiri sebaiknya 100-200 cm dengan pH 7 atau pH 8 dengan suhu 25 derajat hingga 30 derajat celcius.

2. Menyiapkan Benih

Langkah kedua dalam budidaya ikan nila adalah menyiapkan benih ikan nila di mana bisa Anda dapatkan dari balai benih ikan maupun tempat budidaya ikan. Pastikan benih ikan yang Anda pilih berukuran sama, tidak cacat, aktif, dan lincah.

3. Penyebaran Benih

Sebelum benih ditebarkan, sebaiknya Anda menaburkan probiotik yang berguna mempercepat proses pertumbuhan mikroorganisme. Pertumbuhan proses mikroorganisme ini kurang lebih memakan waktu 7 sampai 10 hari. Setelah itu, Anda bisa menebarkan benih ikan yang telah didapatkan.

4. Pemberian Pakan

Saat masa pertumbuhan, Anda bisa memberi pakan setelah benih dimasukkan selama 3 hari. Hal tersebut dilakukan agar benih ikan tersebut memakan mikroorganisme terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa memberi makan berupa azolla maupun vitamin ikan.

Pada tahap ini, Anda juga harus memerhatikan kesesuaian dosis dan vitamin, jangan lupa untuk membersihkan dan mengganti air kolam secara berkala. Selain itu, Anda juga perlu menyortir ikan sesuai ukuran untuk mencegah ikan nila memakan satu sama lain.

5. Panen

Ikan nila akan panen pada umur sekitar 4 hingga 6 bulan perawatan.

Demikianlah beberapa tahapan budidaya ikan nila di kolam terpal yang bisa Anda lakukan sendiri. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan perkembangan dan kebersihan kolam. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top