3 Cara Pembesaran Ikan Nila, Mudah dan Terjangkau

Siapa yang tak tahu ikan nila, rasanya yang nikmat dan pengolahannya yang mudah membuat ikan jenis ini banyak disediakan di berbagai tempat makan. Ikan nila sendiri merupakan jenis ikan tawar yang memiliki banyak kandungan nutrisi, baik protein, kalori, zat besi, hingga vitamin. Dengan kandungan yang beragam, ikan nila menjadi jenis ikan yang cukup laris di pasaran. Jika Anda ingin budidaya ikan nila, maka Anda harus mengetahui strategi pembesaran ikan nila yang bisa dilakukan dengan mudah.

3 Cara Pembesaran Ikan Nila

Pembesaran ikan nila bukanlah hal yang sulit karena bisa dilakukan dengan mudah dan biaya yang terjangkau. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memelihara ikan nila agar cepat besar, antara lain:

1. Mengelola Air

Sebagai media hidup ikan, air menjadi komponen yang paling penting untuk ikan nila Anda, sehingga mengelola air juga menjadi hal penting. Kondisi air yang baik adalah ketika kandungan oksigen dan pH nya seimbang. Anda bisa menyeimbangkan oksigen dengan mengatur kecepatan dan banyaknya kubik air. Apabila air sudah berbau busuk, maka segera ganti sepertiga air kolam Anda dengan air baru.

2. Pemberian Pakan Seimbang

Pakan menjadi bagian yang cukup memengaruhi tumbuh kembang ikan nila karena akan memengaruhi asupan nutrisi dan kesehatan ikan. Anda bisa memberikan pakan berupa pelet dengan protein sebesar 20-30 persen. Untuk menyesuaikan kebutuhan pakan, Anda bisa menimbang secara acak satu ekor ikan.

Kemudian berikan pakan sebanyak 3 persen dari bobot tubuhnya. Berat pakan nila yang sesuai adalah seberat 3 persen dari berat badannya, sehingga setiap dua minggu sekali Anda bisa cek bobot ikan untuk selalu menyesuaikan jumlah pakannya, pemberian pakan sendiri bisa dilakukan setiap pagi dan sore hari.

3. Pengendalian Hama dan Penyakit

Saat membudidayakan ikan nila, maka Anda akan mencampurkan banyak ikan dalam satu wadah sehingga kemungkinan terkena penyakit akan lebih tinggi. Untuk mencegah hama, Anda bisa mengelola perairan, memasang saringan, mengurangi kepadatan ikan, dan membasmi hama dengan menggunakan obat-obatan tertentu.

Itulah 3 cara mudah pembesaran ikan nila yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan biaya murah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kolam dan memilih bibit yang unggul. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top