5 Cara Mudah Budidaya Bandeng Air Tawar

Bandeng, siapa yang tidak kenal dengan ikan satu ini. Bandeng merupakan ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun pasar-pasar modern. Bahkan bandeng sudah banyak dijadikan industri oleh-oleh di tempat-tempat wisata ataupun toko-toko yang khusus menjual oleh-oleh.

cara-budidaya-bandeng-star-farm

Tentu saja hal ini sangat menarik masyarakat untuk membudidayakan ikan bandeng. Bagaimanakah cara budidaya bandeng agar menghasilkan bandeng yang melimpah? Mari kita simak ulasan berikut!

Langkah Budidaya Bandeng Air Tawar

Habitat asli ikan bandeng adalah air payau. Namun dengan adanya inovasi dalam bidang perikanan, maka saat ini muncul varietas ikan bandeng air tawar. Dalam proses budidaya ikan bandeng air tawar ini ternyata lebih mudah perawatannya daripada ikan bandeng air payau. Cara budidaya ikan bandeng agar mendapatkan hasil melimpah akan kita pelajari dalam artikel ini.

1. Kolam

Kolam tentu saja merupakan hal utama yang wajib ada saat kita akan membudidayakan semua jenis ikan termasuk ikan bandeng. Kolam yang perlu kita persiapkan dalam budidaya bandeng adalah sebagai berikut :

  • Lokasi kolam dengan pengairan yang cukup dan kemudahan akses.
  • Kedalaman kolam yang sesuai untuk ikan bandeng cukup 1 meter.
  • Air yang baik digunakan adalah air tanah.
  • Usahakan pembuatan kolam yang alami agar memudahkan hidup plankton yang bisa dimanfaatkan untuk makanan ikan.
  • Lebar kolam disesuaikan dengan jumlah benih ikan yang akan dipelihara. Dengan kepadatan 100 – 300 ekor/m3 untuk benih berukuran 3 – 4 g.


2. Benih Ikan

Pemilihan benih ikan akan sangat berpengaruh terhadap hasil panen. Pastikan untuk memilih benih yang berkualitas bagus dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut. Pilih benih bandeng air tawar yang sehat dan tidak cacat dengan cara memilih benih yang bergerak secara aktif dan bebas dari penyakit.

  • Ukuran benih 2,5 sampai 5 cm.
  • Penebaran Benih
  • Benih ikan yang baru dibeli jangan langsung dimasukkan ke dalam kolam. Sebaiknya benih dimasukkan dahulu ke dalam ember besar untuk mempersiapkan penebaran benih agar tidak kaget dan stres. Setelah bibit siap, masukkan benih ke dalam kolam dengan hati-hati.

3. Perawatan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan ikan bandeng air tawar ini perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini.

  • Pemberian pakan harus sesuai dengan jumlah ikan. Jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak.
  • Pemberian pakan berupa pelet halus dilakukan setelah 7 hari dari penyebaran benih. Sebelumnya biarkan benih ikan bandeng makan plankton yang ada di kolam.
  • Pemberian pakan dilakukan pada waktu pagi dan sore hari.
  • Pemberian pakan disesuaikan dengan bobot ikan yaitu 5% pada tahap awal dan 15% pada saat ikan telah dewasa.
  • Jaga kebersihan dan kualitas air kolam.
    Perhatikan sirkulasi air.

4. Panen

Panen dapat dilakukan setelah ikan bandeng berusia 4 bulan. Panen dapat dilakukan dengan menjaring atau mengangkat jaring pada kolam. Pilih ikan dengan ukuran yang sudah layak untuk dipanen.

Mudah bukan cara budidaya bandeng air tawar. Hal pertama yang diperlukan adalah kemauan, kerja keras dan mau belajar segala informasi mengenai bagaimana cara budidaya ikan bandeng air tawar yang bisa mendapatkan hasil melimpah. Selain itu tentu saja, persiapkan modal secukupnya untuk memulai usaha budidaya ikan bandeng air tawar yang mempunyai prospek menjanjikan ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top