3 Jenis Pakan Ternak Sapi Potong, Bergizi dan Mudah Didapat!

Sapi menjadi salah satu hewan ternak yang memiliki banyak manfaat, mulai dari dagingnya, tulang, hingga air susunya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari sapi, maka Anda harus memerhatikan asupan pakan yang tepat dan sesuai kebutuhan nutrisinya. Berikut adalah beberapa macam pakan ternak sapi potong yang bisa Anda berikan pada sapi Anda. Yuk simak!

pakan-ternak-sapi-potong-Star-Farm

Jenis Pakan Ternak Sapi Potong

Setidaknya ada 3 jenis pakan ternak sapi potong yang bisa Anda berikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sapi Anda, antara lain:

1. Pakan Hijauan

Pakan hijau merupakan jenis pakan ternak sapi yang berasal dari berbagai tanaman, baik dari bagian pucuk daun hingga akarnya. Pakan hijauan ini penting untuk pertumbuhan ternak sapi Anda karena mengandung selusa dan hemiselulosa yang berfungsi untuk menyeimbangkan lambung.

Beberapa jenis pakan hijauan, antara lain dedaunan, batang rumput, tanaman apapun yang masih muda, kacang-kacangan, jerami, ilalang, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, Anda tidak boleh memberikan pakan secara berlebihan karena bisa membuat sapi obesitas dan berisiko cepat mati.

2. Pakan Penguat

Pakan penguat adalah pakan dengan serat lebih kasar, sehingga lebih mudah dicerna. Bahan pakan penguat atau konsentrat bisa menjadi sumber karbohidrat dan protein untuk proses pemadatan daging untuk sapi potong Anda.

Pakan konsentrat yang biasa digunakan, seperti ampas singkong, tepung ikan, bungkil kelapa, ampas tahu, DDGS, dan lain sebagainya. Anda bisa mencampurkan pakan konsentrat dengan pakan hijau untuk menjaga metabolisme ternak Anda.

3. Pakan Tambahan

Pakan tambahan diberikan hanya sebagai tambahan yang diberikan dalam jumlah sedikit. Pakan tambahan ini digunakan untuk menguatkan dan meningkatkan performa sapi. Beberapa jenis pakan tambahan yang bisa Anda gunakan adalah, mineral, urea, mikroorganisme, vitamin, dan lain sebagainya. Beberapa tambahan tersebut bermanfaat untuk mengokohkan tulang, tambahan protein, dan melancarkan pencernaan.

Itulah 3 jenis pakan ternak sapi potong yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan sapi Anda. Jangan lupa untuk selalu menyediakan air untuk minum sapi agar tidak dehidrasi. Untuk pakan tambahan dan penguat, Anda bisa membelinya di toko pakan ternak terdekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top