Apa Sajakah Jenis Makanan Kambing Selain Rumput? Yuk Simak!

Tersedia banyak jenis makanan kambing selain rumput yang bisa Anda coba sebagai variasi makanan dan sumber nutrisi.

Beternak kambing memang sangat menguntungkan karena kebutuhan pasar akan hewan yang satu ini masih sangat tinggi. Sebagai hewan Qurban, Aqiqah, memenuhi permintaan restoran gulai dan sate kambing adalah contoh kebutuhan akan hewan yang satu ini.

Salah satu pengetahuan yang harus dimiliki oleh peternak adalah cara memilih bahan makanan untuk hewan ternak yang tepat terutama untuk kambing. Anda harus selalu memberikannya rumput untuk makanan sehari-hari.

Jenis Makanan Kambing Selain Rumput

Meskipun kambing merupakan hewan herbivora, namun ia tak selamanya hanya makan rumput saja. Sebagai peternak, Anda harus memberikan variasi makanan yang lain supaya ternak mendapatkan gizi, nutrisi dan zat pertumbuhan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan kambing selain rumput yang bisa Anda berikan untuk menambah ragam makanannya.

1. Jerami

Jerami merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk kambing karena mengandung serat yang membantu proses metabolisme. Makanan ini baik untuk pengganti rumput ketika musim kering tiba dan rumput-rumput mengering.

2. Pelepah Pisang

Pisang adalah salah satu tumbuhan yang semua bagian pohonnya bisa dimanfaatkan. Buah, daun, bunga bahkan batangnya pun memberikan manfaat bagi manusia.

Pelepah pisang yang biasanya dibiarkan membusuk dan mengering bisa dimanfaatkan untuk makanan kambing. Pelepah pisang mengandung protein dan sumber mineral yang baik untuk pertumbuhan kambing.

3. Ampas Kelapa

Jangan buang ampas kelapa dari dapur Anda. Sisa parutan kelapa yang sudah diambil sarinya ini masih memiliki kandungan 20-25% protein di dalamnya. Ini sangat cocok untuk dijadikan makanan kambing pengganti rumput.

4. Daun Singkong

Daun singkong memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, tidak hanya untuk manusia namun juga untuk ternak. Nilainya mencapai 16% dan ini sangat baik untuk menambah bobot dari anak kambing. Sesekali berikanlah daun singkong untuk ternak Anda supaya kebutuhan nutrisinya terjaga.

5. Kulit Jagung

Kulit jagung merupakan salah satu pakan alternatif ternak yang paling ideal terutama untuk kambing. Makanan ini mengandung tinggi serat dan kadar gulanya juga cukup tinggi terutama kulit jagung manis.

6. Kulit Pisang

Jika keluarga Anda pecinta pisang, jangan buang kulit pisangnya. Kulit pisang dapat digunakan sebagai sumber alternatif jenis makanan kambing selain rumput. Dalam kulit pisang. terdapat banyak kandungan seperti lemak, karbohidrat, protein dan lain sebagainya.

7. Daun Pepaya

Daun pepaya bisa dikatakan sebagai tanaman obat. Memberikan pakan daun pepaya akan meningkatkan kekebalan tubuh karena tanaman ini mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai antibiotik.

8. Daun Nangka

Daun nangka juga merupakan salah satu sumber pakan alternatif untuk diberikan kepada ternak kambing selain rumput. Jenis pakan ini mengandung serat kasar cukup tinggi yaitu sekitar 20 persen.

9. Bekatul atau Dedak

Bekatul merupakan sisa hasil penggilingan padi yang seringkali dijadikan bahan makanan ternak. Tidak hanya kambing saja, ternak lain seperti ayam, bebek dan bahkan sapi pun juga bisa mengonsumsi makanan yang satu ini. Kandungan gizinya cukup baik yaitu mengandung serat kasar sebanyak 13.80%.

10. Daun Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang tanah dan kedelai merupakan tanaman yang cukup mudah ditanam di Indonesia. Daunnya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak karena mengandung serat kasar dan energi. Umumnya, peternak kambing di Indonesia akan sesekali menyelingi pakan ternaknya dengan daun kacang-kacangan.

Itulah beberapa jenis makanan kambing selain rumput yang bisa diberikan. Sebaiknya, pemberian pakan ini bukan hanya karena kehabisan stok rumput namun karena memang ingin memberikan variasi makanan. Gizi dan nutrisi untuk ternak tidak cukup hanya dengan rumput saja. Hal ini wajib diketahui oleh peternak.

Leave a Reply

0
Scroll to Top