6 Cara Mengatasi Infeksi Cacing Pada Sapi yang Menganggu

Hewan Ruminansia termasuk sapi merupakan salah satu jenis hewan yang sering terpapar infeksi cacing. Infeksi cacing bisa disebabkan karena berbagai macam gangguan. Jika tidak segera diatasi, maka infeksi bisa menyebar dan menulari sapi lainnya. Ada beberapa cara mengatasi infeksi cacing pada sapi yang mudah. Jika proses pengobatan dan penanganan dilakukan dengan cepat, maka ternak akan menjadi lebih sehat dan tidak akan menyebarkan penyakit pada ternak lainnya.

Infeksi cacing pada sapi bisa disebabkan karena beberapa hal. Contohnya saja pemberian pakan yang tidak baik dan kurangnya vaksinasi. Hal seperti ini harus diperhatikan dengan baik jika Anda tidak ingin sapi Anda terinfeksi. Jangan lupa, berikan kandang yang baik dan rutinlah dalam membersihkan kotoran. Maka, sapi pun akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam infeksi.

Cara Mengatasi Infeksi Cacing Pada Sapi

Sebagai peternak sapi, Anda bisa mempelajari beberapa cara mengatasi infeksi cacing pada sapi yang mudah dan direkomendasikan. Peternak harus melakukan pengobatan agar hewan ternaknya sehat. Jangan diremehkan, infeksi cacing yang dibiarkan dan tidak ditangani akan membuat ternak menjadi kurus, sakit, dan akhirnya bisa mati

Cobalah melakukan beberapa pengobatan berikut pada sapi yang terkena infeksi cacing.

1. Gunakan limbah sebagai pupuk kompos

Banyak orang yang menggunakan limbah sapi untuk dijadikan sebagai pupuk. Namun, biasanya peternak tidak memperhatikan bagaimana cara pengolahan limbah terlebih dahulu.

Cara pengolahan limbah yang baik adalah dengan membuatnya menjadi kompos terlebih dahulu. Telur cacing Fasciola yang bisa membuat infeksi cacing pada sapi akan mati dan tidak akan menginfeksi hewan ternak Anda.

2. Perhatikan kondisi lingkungan

Untuk cara mengatasi infeksi cacing pada sapi adalah dengan memperhatikan lingkungan sekitar kandang sapi. Kondisi lingkungan yang bersih dan sehat akan membuat cacing tidak berkembang biak. Hindari tanah dengan kondisi yang lembab, basah, dan penuh kubangan untuk dijadikan sebagai kandang sapi. Kondisi ini akan membuat infeksi cacing cepat menyebar.

3. Melakukan penggembalaan bergilir

Menggembala sapi merupakan salah satu tugas dari peternak sapi yang bisa dilakukan. Di jaman sekarang, banyak orang yang hanya beternak sapi di kandang saja tanpa menggembalakannya. Padahal, menggembalakan sapi secara bergilir bisa membuat infeksi cacing pada sapi bisa dihindari. Lakukan penggembalaan sapi secara bergantian. Jangan menggembala sapi di tempat yang sama.

4. Bersihkan kandang sapi secara berkala

Upaya atau cara mengatasi infeksi cacing pada sapi bisa pula dilakukan dengan membersihkan kandang sapi secara berkala. Anda pasti bisa melihat banyak pakan sisa yang ada di kandang sapi. Pakan tersebut akan menjadi busuk jika dibiarkan begitu saja. Sebagai inisiatif yang baik dan bermanfaat, Anda bisa membersihkan sisa pakan dan dijadikan sebagai pupuk.

5. Berikan obat cacing

Jika sapi Anda sudah terbukti terinfeksi cacing, maka berikanlah obat cacing secara berkala. Anda bisa memberikan obat cacing kimia yang bisa dibeli di toko obat hewan ternak.

6. Berikan obat cacing tradisional

Obat cacing tradisional bisa dibuat dengan menggunakan buah pinang, bawang putih, dan daun mahkota.

1. Buah pinang

Cara pembuatannya adalah dengan menyangrai buah pinang tanpa minyak dan tumbuklah secara halus. Campurkan dengan 1 cangkir air dan minumkan pada ternak.

2. Daun mahkota

Untuk pemberian daun mahkota bisa diberikan secara langsung. Tapi ingat, pemberian daun mahkota tidak boleh diberikan pada ternak yang sedang bunting

3. Bawang putih

Sejak dulu, bawang putih dikenal sebagai obat cacing paling efektif. Bawang putih yang digeprek bisa diberikan pada sapi untuk melawan infeksi cacing

Lakukan beberapa cara mengatasi infeksi cacing pada sapi agar infeksi yang terjadi pada sapi bisa segera ditangani. Carilah cara yang paling efektif yang tidak merugikan. Jangan mencari cara yang memberikan efek samping pada sapi.

Leave a Reply

0
Scroll to Top