Perhatikan Jenis Makanan Iguana Hijau agar Sehat

Iguana hijau merupakan salah satu reptil yang paling banyak dipelihara. Nama lain dari hewan ini adalah iguana amerika. Hewan mirip kadal ini termasuk hewan liar, sehingga cukup sulit untuk menjinakkannya. Seperti halnya reptil lain sebelum memelihara iguana hijau, Anda harus mengetahui perilaku, sikap dan kebiasaan mereka terlebih dahulu. Salah satunya tentang jenis makanan iguana hijau.

Jenis Makanan Iguana Hijau

Walau terlihat cukup menakutkan, iguana hijau adalah hewan herbivora. Jadi, binatang tersebut hanya akan mengonsumsi makanan dari tumbuhan.

Menurut laman Pet Place, iguana harus diberi makan hijau atau vegetarian yang terdiri dari sayuran sekitar 95 persen dan 5 persennya lagi adalah buah-buahan.

Ada juga makanan kemasan yang sudah siap dan diperjualbelikan di toko-toko hewan. Memberi makan iguana makanan hijau, sayuran, buah-buahan dan beberapa makanan lain yang seimbang akan membantu memastikan kebahagiaan dan kesehatan mereka.

Pastikan untuk memberi jenis makanan iguana hijau secara berbeda, ini membantu memastikan pola makan seimbang dan cara bagi reptil satu ini untuk mencoba makanan yang berbeda dan menarik.

1. Sayuran hijau

Sayuran dan buah segar harus menjadi makanan utama bagi iguana hijau. Makanan harus dicincang agar lebih mudah dimakan.

Beberapa sayuran yang bisa diberikan paa mereka termasuk collard, sawi & dandelion, lobak, kale, dan selada romaine. Sayuran yang mungkin disukai iguana adalah wortel, kacang-kacangan, paprika, dan labu.

Sayuran yang sudah disimpan di kulkas dapat dijadikan makanan sewaktu-waktu atau saat sedang kehabisan makanan segar. Pastikan untuk menghangatkan sayuran beku sampai suhu kamar sebelum memberi mereka iguana. Campuran kacang hijau, kacang polong, wortel, dan jagung adalah makanan darurat yang baik.

Buah dapat ditambahkan ke makanan iguana hijau untuk variasi. Beberapa buah yang bisa dinikmati mereka termasuk stroberi, blueberry, pisang, apel, dan blewah. Seperti makanan lainnya, buah harus dipotong agar mudah dimakan.

2. Roti dan biji-bijian

Berdasarkan laman Pet Iguana Care, roti dan biji-bijian dapat sesekali ditambahkan ke makanan hewan satu ini. Pasta yang dimasak, nasi, dan roti gandum merupakan makanan yang bagus untuk iguana. Pastikan makanan dicincang agar mudah dimakan.

3. Makanan kemasan iguana

Ada jenis makanan komersial atau yang diperjualbelikan dan ini bisa menjadi tambahan pola maka yang bagus dan bervariasi untuk iguana hijau. Untuk jenis makanan iguana hijau biasanya dalam bentuk palet dan dapat dicampur dengan makanan lain. Karena pelet kering, lembabkan sebelum diberi makan adalah cara untuk membuatnya lebih sehat.

4. Air

Seekor iguana mendapat banyak air dari sumber makanannya, tetapi masih membutuhkan sumber air yang asli juga. Oleh karena itu, siapkan mangkuk berat di kandang mereka setiap harinya.

Air bersih segera harus tersedia setiap saat untuk iguana. Iguana tidak hanya akan minum dari mangkuk air tetapi sering mandi juga.

5. Suplemen

Hewan, termasuk iguana hijau, juga membutuhkan vitamin dan mineral yang diperlukan. Suplemen kalsium & vitamin D3 dapat ditambahkan ke makanan iguana.

Iguana juga memiliki kebutuhan kalsium yang lebih tinggi daripada fosfor. Suplemen biasanya berbentuk bubuk dan mudah ditaburkan ke makanan. Anda hanya perlu memberinya dalam jumlah sedang. Terlalu banyak suplemen bisa lebih buruk.

Sebagian besar iguana muda perlu makan setiap hari, sementara iguana yang lebih tua dapat diberi makan setiap hari atau beberapa sesekali, tergantung pada selera masing-masing hewan peliharaan.

Nah, itulah jenis makanan iguana hijau yang harus dipenuhi agar mereka tumbuh menjadi hewan sehat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top